Wisata Sejarah Situs Mojokerto

Jawa Timur banyak menyimpan eksotisme wisata sejarah yang indah. Tak kalah dari situs peninggalan candi Hindu-Buddha yang memadatinya, Jawa Timur makin memikat wisatawan dengan lanskap alamnya yang masih asri.

Indah Permatahati

21 Apr 2024 - 10.16
A-
A+
Wisata Sejarah Situs Mojokerto

Bisnis, JAKARTA-Mojokerto merupakan contoh wilayah yang padat akan wisata sejarah, lengkap dengan wisata alam yang indah. Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan di sebelah Utara ini memiliki banyak sungai yang elok, gunung dan bukit yang eksotis, hingga air terjun yang megah.

Tak jarang, keindahan lanskap alam ini berbaur dan tampak serasi menyatu. Misalnya, keindahan pemandangan bukit dan pepohonan yang melatari aliran sungai bebatuan di Rustic Market Rock Riverside.

Wisata yang terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, ini sempat populer di kalangan wisatawan lokal sejak akhir 2023 silam. Panorama lanskap yang sederhana antara aliran sungai menenangkan, bebatuan aest-hetic, dan pepohonan yang mengelilingi destinasi ini membuat siapa saja terpikat.

Sembari menyusuri jalan setapak di antara gemercik air sungai, pengunjung siap-siap terpana dengan nuansa pedesaan yang tentram.

Rumah-rumah ala pedesaan dibangun dari kayu-kayu di antara megahnya Sungai Mraseh. Seperti namanya, konsep rustic ditekankan pada pola bangunan di tempat wisata ini. Namun, kesan lokal juga hilang dari wisata ini.

Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menjajal berbagai aktivitas seru mulai dari mendaki, memancing, hingga berwisata kebun dengan latar sungai.

Memang, Rustic Market Rock Riverside mulanya merupakan pasar tempat warga lokal bertransaksi produk segar dan beragam kerajinan tangan. Ketenaran pasar ini di mata masyarakat se-kitar kemudian menarik perhatian wisatawan dari luar wilayah ini.

Oleh karena pemandangan yang begitu natural, wisata ini juga kerap menjadi lokasi photoshoot yang aesthetic, hingga lokasi berbagai acara yang menyenangkan sekaligus menegangkan.

Wisata agrikultur berpadu dengan kehangatan warga lokal benar-benar memberi nuansa ala pedesaan yang mengangkat. Di tepi sungai, ada beberapa wisata kuliner yang menjual masakan tradisional ala Nusantara.

Foto MMJ

Kafe di sekitar Rustic Market Rocks Riverside juga menyediakan menu-menu lokal hingga Barat yang lezat.

Wisata sungai ini sempurna untuk dinik-mati di waktu pagi dan sore hari. Pengunjung pun diperbolehkan bermain air di sungai yang jernih sembari berkumpul dengan orang terkasih.

Menepi dari sekitar sungai, pengunjung bisa menapaki rerumputan hijau berhiaskan batu-batu asimetris dan tanaman menjalar di sekitarnya. Suasana asri ini juga dilengkapi dengan keindahan jalur pendakian di sekitar bukit Mraseh.

Puas berkeliling, tak lengkap rasanya apa-bila pengunjung belum melipir ke area pasar. Di sana, berbagai kerajinan tangan dijajakan sebagai souvenir lokal yang indah. Pengunjung juga bisa membeli langsung produk-produk segar langsung dari tangan petani sekitar.

Untuk menikmati itu semua, pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya parkir dan biaya minuman, minimum Rp20.000 per orang dan parkir sebesar Rp5.000. Untuk menuju lokasi wisata ini, pengunjung perlu menempuh jarak 29 km dari pusat kota Mojokerto.

Pengunjung dapat melewati Jalan Raya Gondang sekitar 50 menit dengan kendaraan roda 4. Lalu ambil arah Jl. Ahmad Yani, lurus hingga Jl. Gempol - Mojokerto menuju Jl. Raya Pacing hingga ke arah Pacet untuk sampai di Rustic Market Rock Riverside.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.