World Premiere, Ini Dia Spesifikasi VW ID Buzz GTX

Dengan ID BUZZ, Volkswagen sekali lagi memperluas jajaran model GTX sportifnya setelah ID.3, ID.4, ID.5 dan ID. 7 Tourer.

Fatkhul Maskur

25 Mar 2024 - 14.33
A-
A+
World Premiere, Ini Dia Spesifikasi VW ID Buzz GTX

Volkswagen ID Buzz GTX. - Foto VW

Bisnis, JAKARTA—Volkswagen (VW) memperkenalkan mobil listrik terbarunya ID Buzz GTX, yang menjadi penerus mobil ikoniknya VW Kombi.

Volkswagen ID Buzz GTX dilengkapi dengan sistem penggerak performa bertenaga, dan akan tersedia dengan dua wheelbase, dua ukuran baterai, dan pilihan 5, 6, atau 7 tempat duduk.

Ia juga dilengkapi dengan penggerak semua roda 4MOTION standar untuk daya tarik dan traksi optimal dalam setiap situasi berkendara. Selain itu, kedua model GTX memiliki desain individual.

Pra-penjualan ID. Buzz GTX akan dimulai pada musim panas. Tahun ini, Volkswagen sekali lagi memperluas jajaran model GTX sportifnya bersama dengan ID.3, ID.4, ID.5 dan ID. 7 Tourer.

GTX merupakan model paling sportif dari seri ID serba listrik Volkswagen yang diusung sejak 2021. Label GTX mengacu pada model VW dinamis dengan sebutan GTI, GTD atau GTE.

Berikut spesifikasi lengkap ID. Buzz GTX seperti dilansir dari siaran pers Volkswagen, Senin (25/3/2024).

Sistem Penggerak AWD

VW ID Buzz GTX dilengkapi dengan dua motor listrik – keduanya digabungkan menjadi penggerak semua roda. Kecepatan tertinggi model GTX dibatasi secara elektronik hingga 160 km/jam.

Motor listrik tersebut disuplai energinya melalui baterai dalam dua ukuran, yang dapat diisi ulang 10%-80% dalam waktu 26 menit di stasiun pengisian cepat DC hingga 185 kW atau 200 kW (kapasitas pengisian maksimum).

Kapasitas Penarik GTX

Berkat tenaga ekstra dan sistem penggerak 4MOTION, ID Buzz GTX dapat menarik trailer lebih mumpuni. Versi jarak sumbu roda normal bisa dengan mudah menarik kereta 1.800 kg, sedangkan ID Buzz GTX wheelbase panjang memiliki kapasitas derek maksimal 1.600 kg.

Dengan demikian, berat trailer maksimum ditingkatkan masing-masing 800 kg dan 600 kg. Sistem 4MOTION menawarkan keuntungan traksi yang lebih baik saat menarik trailer, khususnya pada permukaan basah atau longgar.

Oleh karena itu, ID Buzz GTX merupakan kendaraan penarik ideal – misalnya, untuk trailer perahu atau kuda, yang sering dipindahkan di tanah licin.

Eksterior GTX

ID Buzz GTX dicirikan oleh front end individual. Bumper bergaya GTX dengan kisi-kisi saluran masuk udara hitam berdesain sarang lebah dan elemen pemandu udara samping baru juga memastikan tampilan yang dinamis dan khas.

Lampu DRL baru diintegrasikan ke dalam bemper kiri dan kanan. Semua elemen bodi berwarna hitam seperti kisi-kisi pemasukan udara baru, elemen pemandu udara, huruf GTX, dan rumah kaca spion luar diberi finishing hitam mengilap.

Selain itu, pelek Solna berukuran 20 inci menjadi perlengkapan standar ID. Buzz GTX. Jajaran pelek roda GTX dilengkapi dengan dua pelek baru berukuran 21 inci.  Lampu depan matriks LED IQ.LIGHT selalu dipasang sebagai standar.

Lapisan cat baru dalam warna Cherry Red ditawarkan khusus untuk ID. Buzz GTX. Warna merah ini dapat dikonfigurasi sebagai lapisan cat solid dan secara opsional dikombinasikan dengan Mono Silver metalik sebagai lapisan cat dua warna.

Interior GTX

Volkswagen juga telah menyesuaikan perlengkapan interiornya. Warna gelap menggarisbawahi karakter sportif dari ID Buzz paling bertenaga. Misalnya, keduanya versi ID. Buzz GTX adalah satu-satunya model di lini produk yang dilengkapi dengan headliner hitam.

Kursinya juga menampilkan desain GTX yang spesifik. Kursi nyaman dapat disetel secara elektrik dengan fungsi memori digunakan di bagian depan. Kursinya dipercantik dengan sarung microfleece ArtVelours Eco hitam dengan pola berlian baru serta jahitan merah kontras dan pipa merah.

Jahitan silang berwarna merah menjadi ciri khas pada lingkar kemudi multifungsi, yang diperhalus dengan aplikasi warna merah pada trim tengah dan tulisan GTX yang terintegrasi di sana dengan warna krom.

Kompartemen Penumpang GTX

ID Buzz GTX dengan wheelbase standar tersedia dalam pilihan 5 tempat duduk dan bangku 3 tempat duduk dengan pembagian 40:60 di baris kedua (2/3) atau sebagai 6 tempat duduk dengan 2 kursi individu masing-masing di baris kedua dan ketiga (2/2/2).

ID Buzz GTX jarak sumbu roda panjang juga akan diluncurkan sebagai mobil lima tempat duduk, dengan bangku tiga tempat duduk (2/3) dan sebagai enam tempat duduk (2/2/2).

Versi ini juga akan ditawarkan dalam versi 7 tempat duduk dengan bangku 3 tempat duduk di baris kedua dan 2 kursi individu di baris ketiga (2/3/2). Tergantung modelnya, jok baris kedua bisa digeser memanjang 150 mm (wheelbase standar) atau 200 mm (wheelbase panjang).

Kompartemen Bagasi GTX

ID Buzz GTX (wheelbase standar) sebagai mobil 5 tempat duduk memiliki volume kompartemen bagasi 1.121 liter hingga 2.123 liter (kursi bangku belakang dilipat).

ID Buzz GTX yang diperluas bahkan lebih lega. Ketika muat hingga tepi atas sandaran kursi baris kedua, tersedia kapasitas 1.340 liter.

Jika ID Buzz GTX besar muat hingga kursi baris pertama, volumenya meningkat menjadi 2.469 liter. Meski ditempati 7 orang, masih tersedia ruang 306 liter di belakang jok baris ketiga.

Tergantung pada konfigurasi kursi, keduanya model ID Buzz GTX dapat dilengkapi dengan papan Multiflex panjang atau pendek.

Perangkat ChatGPT

Pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak utama untuk lini produk akan dimasukkan ke dalam model GTX. Tampil baru adalah head-up dan sistem infotainment generasi berikutnya dengan navigasi menu dan grafik baru serta kekuatan prosesor yang cepat.

Layar sentuh sekarang berukuran 12,9 inci, bukan 12,0 inci (diagonal 33 cm, bukan 30 cm). Yang juga baru adalah bilah sentuh yang menyala untuk kontrol suhu dan volume.

Asisten suara IDA dioperasikan dengan perintah suara alami. Asisten suara IDA juga dilengkapi integrasi ChatGPT (AI/kecerdasan buatan). Fitur baru lainnya adalah aplikasi Wellness.

Bus Samba Era Baru

Mulai sekarang, ID. Buzz dengan wheelbase panjang akan tersedia dengan sunroof panoramik dengan kaca pintar sebagai pilihan. Kaca pintar berlapis-lapis memiliki film kristal cair terintegrasi dan dapat dialihkan secara elektronik sehingga transparan atau buram.

Sunroof panoramik terbesar yang pernah digunakan di Volkswagen membangkitkan kenangan akan Bus Samba yang legendaris dan memindahkan jendela atap khas mobil klasik ke masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.