Xi Jinping Boleh Senang, China Cetak Rapor Hijau pada Awal Tahun

Kabar baik untuk ekonomi global datang dari China seiring dengan hasil pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2023 yang positif, melampaui perkiraan konsensus analis. Kendati demikian masih ada beberapa indikator yang menunjukkan pertumbuhan belum solid.

Nindya Aldila

18 Apr 2023 - 23.12
A-
A+
Xi Jinping Boleh Senang, China Cetak Rapor Hijau pada Awal Tahun

Lanskap gedung-gedung di Beijing. (Reuters, 2017)

Bisnis, JAKARTA - Kabar baik untuk ekonomi global datang dari China seiring dengan hasil pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2023 yang positif, melampaui perkiraan konsensus analis. Kendati demikian masih ada beberapa indikator yang menunjukkan pertumbuhan belum solid. 

Berdasarkan data yang dirilis dari Biro Statistik Nasional pada Selasa hari ini (18/4/2023), Produk Domestik Bruto (PDB) China dilaporkan tumbuh sebesar 4,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), lebih tinggi dari Kuartal IV/2022 sebesar 2,9 persen (yoy).

Peningkatan ini cenderung lebih tinggi dari perkiraan rata-rata. Jika melihat dari survei yang dilakukan oleh ekonom Bloomberg dan juga survei Reuters, ekonom memperkirakan PDB China tumbuh hanya 4 persen pada kuartal I/2023. 

Performa pada awal tahun ini menjadi sinyal bagus untuk kelanjutan pertumbuhan positif pada periode berikutnya. Hal ini sebagian besar karena rendahnya dasar perbandingan dari tahun lalu saat China lockdown ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.