Free

Xiaomi Kejar Kekalahan dengan Samsung Lewat Perangkat

Xiaomi Corp asal China memanaskan strategi untuk mengalahkan raksasa Samsung dengan memproduksi produk audio nirkabel di India.

Nindya Aldila

31 Mei 2023 - 12.40
A-
A+
Xiaomi Kejar Kekalahan dengan Samsung Lewat Perangkat

Xiaomi Note 8 Pro menjadi salah satu HP Gaming murah 2021/BGR

Bisnis, JAKARTA - Xiaomi Corp asal China memanaskan strategi untuk mengalahkan raksasa Samsung dengan memproduksi produk audio nirkabel di India. Hal itu dilakukan setelah taktik Xiaomi untuk menjual ponsel pintar low budget di pasar Asia Selatan tak berbuah manis. 

Xiaomi India akan membuat perangkat audio pertama di pabrik Optiemus Electronics di negara bagian Uttar Pradesh. Mereka menegaskan targetnya untuk meningkatkan produksi komponen lokal sebesar 50 persen pada 2025, seperti dilaporkan Bisnis.com yang melansir Reuters, Selasa (30/5/2023).

Sementara itu, Xiaomi tidak menyebutkan jenis produk audio apa yang akan dibuat di pabrik India, namun menyampaikan komitmennya yang ingin agar bisa menjalin lebih banyak kolaborasi lebih luas pada produknya.

Produsen ponsel pintar untuk Redmi tersebut kalah dengan produsen asal Korea Selatan ketika Samsung yang menawarkan model smartphone dengan harga lebih tinggi dan fitur yang lebih beragam. 

Berdasarkan Counterpoint Research yang berbasis di Hong Kong, Samsung berhasil merajai pangsa pasar smartphone di India hingga 20 persen pada kuartal IV/2022, dibandingkan dengan produsen China sebesar 18 persen. 

Pasar untuk ponsel pintar di bawah harga US$120 seperti yang ditawarkan Xiaomi di India turun hingga 26 persen pada 2022 dari 41 persen pada 2 tahun lalu. Adapun ponsel kelas premium yang di atas US$360 mulai melihat peningkatan11 persen pada periode yang sama. 

Xiaomi telah secara luas memproduksi produknya baik ponsel maupun televisi dan memasarkannya di India, tetapi hingga saat ini mereka belum mengumumkan secara jelas kapan akan memproduksi perangkat audio.

Kini, pemerintah India telah mendorong berbagai perusahaan global untuk berinvestasi pada manufaktur lokal sebagai bagian dari visinya untuk membuat negara ini menjadi mandiri.

(Kathleen Dewitri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.