Yield Naik, Daya Tarik SUN Belum Pudar

Pasar surat utang Indonesia tidak kebal terhadap faktor global. Namun, peluang bagi peningkatan kinerja instrumen surat utang negara (SUN) Indonesia pascatertekan akibat kenaikan suku bunga the Fed masih cukup terbuka pada kuartal kedua mendatang.

Emanuel Berkah Caesario

25 Mar 2022 - 09.57
A-
A+
Yield Naik, Daya Tarik SUN Belum Pudar

Bisnis, JAKARTA — Daya tarik pasar surat utang negara atau SUN pemerintah Indonesia tidak akan lekas pudar, kendati dibayangi potensi penurunan harga akibat kenaikan yield, seiring dengan naiknya suku bunga the Fed. Imbal hasil riil yang tinggi di tengah inflasi yang terkendali akan sulit untuk diabaikan investor.

Naiknya suku bunga the Fed telah menjadi kekhawatiran utama di pasar surat utang global. Bagaimanapun, naiknya suku bunga the Fed akan memicu pengetatan moneter. Seiring dengan itu, ketersediaan likuiditas untuk pembelian surat utang pun menurun.

Hal ini bakal memicu turunnya harga. Seiring dengan itu, yield surat utang akan naik, dimulai dari yield US Treasury atau surat utang pemerintah Paman Sam. Sebagai instrumen acuan banyak negara, naiknya yield US Treasury akan menyebabkan kenaikan yield surat utang di banyak negara berkembang pula.

Berdasarkan data worldgovernmentbonds.com, per Jumat (24/3) pukul 9.00 WIB, tingkat imbal hasil atau yield US Treasury dengan tenor 10 tahun berada di level 2,374 persen. Ini sudah naik signifikan dibanding posisi akhir tahun 2021 lalu yang sebesar 1,51 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Yield Naik, Daya Tarik SUN Belum Pudar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.