Zamrud Setya Negara Gelar Oret-oret Sketsa Kini di Semarang

Seniman sketsa Zamrud Setya Negara bakal menggelar pameran tunggal di Semarang, Jawa Tengah. SketZamrud menyajikan 18 sketsa karya pilihan dalam tampilan sketsa hitam putih dan sketsa berwarna yang memilih berbagai lokasi serta bangunan sebagai objek pilihannya.

M. Syahran W. Lubis

7 Jan 2022 - 15.51
A-
A+
Zamrud Setya Negara Gelar Oret-oret Sketsa Kini di Semarang

Salah satu sketsa karya Zamrud Setya Negara berjudul “Catatan untuk Manusia Jakarta”./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Zamrud Setya Negara bakal menggelar pameran tunggal SketZamrud: “Oret-oret Sketsa Kini” di Tan Artsapce Semarang, Jawa Tengah, pada 9–21 Januari 2022.

Pameran SketZamrud diagendakan dibuka Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi. Pada kesempatan itu Zamrud akan menyerahkan salah satu karya sketsanya “Tugu Lawet Kebumen” kepada Sinoeng.

Bagi Zamrud yang kesehariannya karyawan Galeri Nasional Indonesia, pameran tunggal SketZamrud “Oret-oret Sketsa Kini” merupakan pameran tunggal perdananya.

SketZamrud menyajikan 18 sketsa karya pilihan dalam tampilan sketsa hitam putih dan sketsa berwarna yang memilih berbagai lokasi serta bangunan sebagai objek pilihannya.

“Karya yang saya gelar dalam pameran ini merupakan hasil proses kreatif dan aktivitas dalam 2 tahun, terakhir pasca-hajatan besar para pelaku sketsa Indonesia pada “Festival Sketsaforia Urban” di Galeri Nasional Indonesia Jakarta pada 2019,” paparnya.

Dia membeberkan bahwa “Sketsa Kini” merupakan gambaran sketsa hari ini di mana proses terus berlangsung dengan semangat dan euforia aktivitas sketsa yang semakin menggeliat dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai pelaku dan penggiatnya dari berbagai latar belakang profesi.

Zamrud, kreator komunitas sketsa “KamiSketsa GalNas”, memilih Semarang untuk menggelar pameran dengan alasan kuat di antaranya energi dan gerak para pelaku atau penggiat sketsa yang berpadu dengan lingkungan sekitar, art space, dan berbagai elemen terbentuk menjadi kesatuan harmonis yang bersinergi dalam proses berkesenian.

“Hal itu menjadi layar tersendiri pada peta seni rupa di Indonesia dan patut menjadi referensi bagi kota-kota lainnya,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Zamrud, yang tak kalah penting, memilih Tandhok Artspace dan Semarang Sketchwalk sebagai lokus dan host adalah menarasikan kedekatan emosional dan kebersamaan sebuah keluarga besar sketsa Indonesia yang terjalin dengan sangat erat, produktif, dan santun yang memberikan imbas geliat berkesenian kepada masyarakat sekitarnya.

Dia mengaku pameran ini bukan hanya kebanggaan yang luar biasa dan pijakan langkah untuk dapat terus mempresentasikan ide, proses, serta hasil olah kreatif dalam karya-karya sketsa (SketZamrud), melainkan juga berperan penting menjadi bagian gerak tumbuh seni sketsa yang tak saja mengalami pembaruan, tetapi juga menyatakan pembauran yang lebih dinamis.

Pameran Zamrud ini digawangi Rizki Ayu Ramadhana sebagai exhibiton designer dan didukung Tan Artspace, Semarang Sketchwalk, Arisan Exhibition The Series, Paperina, ArtLand, serta ArtMedia Graphic Design Printing and Finishing.

Kegiatan ini dirangkai dengan gelaran Artist Talk pada 9 Januari 2022 serta Nyeket Bersama di kawasan Kota Lama Semarang pada 15 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.