Memanfaatkan Bendungan untuk Pengembangan Energi Berkelanjutan

Indonesia memiliki 229 bendungan yang bisa dimanfaatkan untuk PLTA ataupun PLTS terapung.

Alifian Asmaaysi

7 Mei 2024 - 19.53
A-
A+
Memanfaatkan Bendungan untuk Pengembangan Energi Berkelanjutan

PLTS Terapung Cirata 145 MW yang terbesar di Asia Tenggara. /BKPM

Bisnis, JAKARTA – Indonesia memiliki 229 bendungan yang memasok kebutuhan air baku untuk seluruh masyarakat. Keberadaannya bisa dimaksimalkan, seperti menghasilkan listrik.

Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muhammad Rizal mengatakan bahwa mayoritas bendungan dibangun pemerintah lewat dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Terkait bendungan, jadi PUPR ini membangun tadi sudah membangun 187 bendungan," kata Rizal saat ditemui di Menara Kadin, Selasa (7/5/2024).

Baca juga: Target Pertamina NRE Merajai Geotermal Indonesia

Sementara itu, sebanyak 42 bendungan dibangun oleh pihak swasta dan BUMN. Dengan demikian total bendungan beroperasi saat ini telah mencapai 229 bendungan.

Rizal menuturkan, saat ini pihaknya juga tengah mendorong fungsionalisasi bendungan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air (PLTA) hingga pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung.

Hal itu diharapkan mampu mendorong internal rate of return (IRR) proyek bendungan, sehingga mampu mengundang minat investor yang jauh lebih besar.

 

 

"Kami juga mendorong pemanfaatan genangan. Jadi, di atas 10% sekitar 20% luas genangan itu bisa dipasang PLTS terapung yang nanti bisa dijual ke PLN listriknya," ujar Rizal.

Sebagai informasi, sepanjang periode 2015—2024 pemerintah tengah mempercepat pembangunan 61 bendungan yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: RI Punya 229 Bendungan, PUPR: Peluang Investasi PLTS Terbuka Lebar

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan bahwa proses penyelesaian pembangunan 61 bendungan itu ditargetkan rampung pada Oktober 2024.

"Jadi nanti pada Oktober [2024] tahun ini totalnya ada 61 bendungan yang akan selesai dibangun," jelas Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.