Fakta Mundurnya Air Products dari Proyek Penghiliran PTBA & BUMI

Mundurnya Air Products dari proyek penghiliran batu bara milik PTBA dan anak usaha BUMI diketahui berawal dari buntunya pembahasan mengenai skema kerja sama serta aspek keekonoman proyek.

Ibeth Nurbaiti

10 Mar 2023 - 10.40
A-
A+
Fakta Mundurnya Air Products dari Proyek Penghiliran PTBA & BUMI

Proyek gasifikasi batu bara di Tanjung Enim, Sumatra Selatan, yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk. ditetapkan menjadi proyek strategis nasional (PSN) melalui terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 109 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 17 November 2020. Bisnis-ptba.co.id

Bisnis, JAKARTA — Mundurnya Air Products & Chemical Inc (APCI) dari proyek gasifikasi batu bara milik PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dan anak usaha PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), PT Kaltim Prima Coal (KPC) masih menyisakan tanda tanya.

Terlebih, Air Products merupakan investor utama megaproyek gasifikasi batu bara menjadi produk gas atau dimethyl ether (DME) milik PTBA. Perusahaan gas dan kimia Amerika Serikat tersebut juga disebut-sebut yang paling serius menanamkan modal dan transfer teknologi untuk proyek penghiliran batu bara.

Baca juga: Jalan Terjal Proyek Gasifikasi Batu Bara

Air Products yang telah menandatangani amendemen perjanjian kerja sama pengembangan DME bersama PTBA dan PT Pertamina (Persero) pada Mei 2021 lalu, bahkan diketahui telah merealisasikan US$7 miliar dari komitmen investasi sebesar US$15 miliar atau setara Rp210 triliun untuk proyek penghiliran batu bara di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.