Kuota Pertalite dan Solar Subsidi Ditambah, Apa Kabar Pembatasan

Di satu sisi, penambahan kuota Pertalite dan Solar subsidi untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan BBM bersubsidi, tetapi di sisi lain sekaligus menggambarkan betapa tidak terkendalinya konsumsi masyarakat.

Ibeth Nurbaiti

4 Okt 2022 - 16.30
A-
A+
Kuota Pertalite dan Solar Subsidi Ditambah, Apa Kabar Pembatasan

Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mengisikan bahan bakar ke kendaraan di Makassar, Sulawesi selatan, Sabtu (15/1/2022). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah akhirnya menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar yang berlaku sejak 1 Oktober 2022, dengan dalih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun ini.

Penambahan kuota BBM bersubsidi tersebut ditetapkan untuk Pertalite sebanyak 6,86 juta kiloliter (KL), sedangkan Solar ditambah 2,73 juta KL. Di satu sisi, penambahan kuota ini untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan BBM bersubsidi, tetapi di sisi lain sekaligus menggambarkan betapa tidak terkendalinya konsumsi masyarakat.

Baca juga: Konsumsi BBM Bersubsidi Makin Tak Terkendali, Salah Siapa?

Dengan kondisi ini, bukan tidak mungkin bayangan akan jebolnya kuota subsidi BBM pada tahun ini akan menjadi nyata, mengingat ketika pemerintah menganggarkan subsidi energi sebesar Rp502,4 triliun, sudah ditetapkan pula volume BBM yang akan mendapatkan subsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.