Mencermati Aksi Pemerintah Daerah untuk Transisi Energi

Secara garis besar, pemerintah telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengimplementasikan program transisi energi dalam mengurangi emisi karbon dari sektor energi. Namun, segala upaya untuk mencapai target bauran energi tersebut tetap saja membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemda,

Ibeth Nurbaiti

10 Mar 2022 - 09.30
A-
A+
Mencermati Aksi Pemerintah Daerah untuk Transisi Energi

Foto udara kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Kementerian ESDM mencatat realisasi bauran energi baru dan terbarukan (EBT) nasional pada tahun 2021 mencapai 11,5 persen yang sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan posisi bauran EBT per akhir 2020 lalu yang sebesar 11,2 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Bisnis, JAKARTA — Rencana aksi pemerintah daerah untuk ikut terlibat dalam pengembangan energi baru dan terbarukan atau EBT turut mendorong percepatan transisi energi secara nasional. Dukungan dari pemerintah daerah tersebut sangat dibutuhkan agar target bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025 bisa tercapai.

Secara garis besar, pemerintah telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengimplementasikan program transisi energi dalam mengurangi emisi karbon dari sektor energi.

Berbagai pembangkit listrik berbasis EBT dengan kapasitas 10,5 gigawatt akan dibangun. Pemerintah juga akan mengganti pembangkit-pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) menjadi pembangkit listrik bertenaga EBT yang diproyeksikan bisa meningkatkan porsi bauran EBT sebanyak 11,7 persen.

Baca juga: Pengembangan EBT Kian Terbuai Lonjakan Harga Minyak & Batu Bara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mencermati Aksi Pemerintah Daerah untuk Transisi Energi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.