Mengurai Sebab Tingginya Biaya Perjalanan Haji 2023

Kementerian Agama mengusulkan kenaikan biaya perjalanan ibadah haji bagi jemaah dengan rata-rata Rp69,19 juta. Namun, parlemen meminta kenaikan tersebut tidak melebihi Rp55 juta. Apa yang melatarbelakangi usulan tersebut?

Rayful Mudassir

21 Jan 2023 - 17.22
A-
A+
Mengurai Sebab Tingginya Biaya Perjalanan Haji 2023

Polisi wanita atau polwan diterjunkan mengawal prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi./arabnews

Bisnis, JAKARTA - Usulan Kementerian Agama menaikan rerata biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1444 H/2023 bagi jemaah sebesar Rp69,19 juta menuai polemik. Jumlah tersebut naik sekitar 42,33 persen dibandingkan dengan biaya perjalanan haji tahun lalu. 

Usulan kenaikan biaya perjalanan haji disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Gedung Parlemen, Kamis (19/1/2022). Namun keputusan kenaikan ini berada di tangan DPR. 

Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahun ini masih dibahas oleh DPR dan Kemenang. Usulan kementerian tersebut merupakan 70 persen dari usulan rerata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp98,89 juta. 

BACA JUGA: Pro Kontra Kewajiban Jemaah Umrah dan Haji Jadi Peserta BPJS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengurai Sebab Tingginya Biaya Perjalanan Haji 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.