Meniti Jalan Pengembangan Obat Tradisional Menjadi Obat Modern

Pengembangan tanaman obat tradisional menjadi obat herbal fitofarmaka atau obat modern asli Indonesia (OMAI) masih terbilang minim. Arah pengembangan industri fitofarmaka bahkan masih samar, meskipun menjadi harapan industri farmasi di tengah ketergantungan yang tinggi terhadap bahan baku obat impor.

Ibeth Nurbaiti

9 Mar 2022 - 19.00
A-
A+
Meniti Jalan Pengembangan Obat Tradisional Menjadi Obat Modern

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji Lab penemuan obat herbal untuk penyembuhan Covid-19 di Pusat Penelitian Kimia Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (8/5/2020). Tim peneliti tersebut berhasil mengembangkan ramuan dari tanaman herbal daun Ketepeng dan benalu bermarga Dendroptoe sebagai anti viral dan penghambatan untuk pasien covid 19 . Hingga saat ini penemuan tersebut masih dalam proses penelitian dan uji lab yang tidak lama lagi akan dilakukan uji coba penggunaanya. Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis, JAKARTA — Sebagai negara yang dilalui garis zamrud khatulistiwa, Indonesia memiliki tanah yang subur dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Berbagai jenis tanaman obat herbal pun tumbuh subur dan sudah banyak dimanfaatkan oleh industri farmasi.

Mengutip data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada 2020, Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas terbesar keempat di dunia, dengan lebih dari 29.000 jenis tanaman dan 2.484 di antaranya adalah tanaman obat.

Hanya saja, pengembangan tanaman obat tradisional menjadi obat herbal fitofarmaka atau obat modern asli Indonesia (OMAI) masih terbilang minim. Hingga kini arah pengembangan industri fitofarmaka bahkan masih samar, meskipun menjadi harapan industri farmasi di tengah ketergantungan yang tinggi terhadap bahan baku obat (BBO) impor.

Baca juga: Pakai Dana SBSN, Pemerintah Akan Bangun Pabrik Fitofarmaka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.