Sulit Ketik Pesan di Whatsapp? Manfaatkan Saja Google Assistant

Tak jarang kita mengalami kendala untuk menulis pesan instan di whatsapp. Tak jarang kita juga malas melakukannya. Dengan memanfaatkan jasa google assistant, kesulitan itu bisa diatasi.

Saeno
6 Agt 2021 - 20.47
A-
A+
Sulit Ketik Pesan di Whatsapp? Manfaatkan Saja Google Assistant

Google assistant/rekagambar-sae.jpg

Bisnis, JAKARTA — Pernahkah Anda salah mengetikkan huruf dalam pesan singkat yang dikirim lewat Whatsapp? Atau, pernahkan Anda sangat tidak punya waktu untuk mengetik pesan singkat, tapi Anda harus menjawab dan mengirim pesan secepatnya?

Dua hal di atas hanya sebagian kecil yang kerap dialami pengguna Whatsapp. Mengetik pesan instan di WhatsApp tak jarang menjadi hal yang terasa sulit dalam situasi tertentu. Lantas, haruskah kita melupakan apa yang ingin disampaikan lewat aplikasi pesan instan tersebut?

Jawabannya: tidak! Kini ada cara praktis yang membuat pengguna WhatsApp tak perlu mengetik untuk mengirimkan pesan kepada orang lain atau kepada komunitas grup. Pengguna dapat dengan mudah mengirim banyak pesan bahkan tanpa mengetiknya di aplikasi perpesanan tersebut.

Anda hanya perlu meminta asisten virtual untuk mengirim WhatsApp dan pekerjaan akan selesai. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan.

Ilustrasi

Dilansir dari indianexpress, Jumat ( 6/8/2021), pengguna smartphone Android dapat menggunakan Google Assistant untuk mengirim pesan. Lalu untuk pengguna iOS dapat mengirim pesan WhatsApp menggunakan Siri.

Ini adalah cara yang nyaman untuk mengirim pesan ketika sedang sibuk atau tidak dalam posisi untuk mengetik pesan, tetapi tetap perlu mengirim pesan.

Asisten digital bahkan bisa diminta membacakan pesan untuk Anda. Asisten virtual akan meminta izin tertentu yang harus Anda berikan jika ingin asisten melakukan pekerjaan. Anda hanya perlu memberikan akses ke notifikasi ponsel. Misalnya, Google akan menampilkan pesan dan mengatakan "untuk mendengar pesan Anda, acara kalender, dan info penting lainnya, berikan akses aplikasi Google ke notifikasi Anda."

Jangan khawatir, Anda selalu dapat mengubah ini di pengaturan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur Notifikasi.

Berikut cara mengirim pesan di WhatsApp tanpa mengetik dengan bantuan Asisten Google :

Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Google Assistant di ponsel cerdas. Setelah itu, Anda hanya perlu memanggilnya hanya dengan mengatakan "Hai Google" atau "Oke Google." Di ponsel atau tablet Android, Anda juga dapat menyentuh dan menahan tombol Utama untuk mengaktifkan Asisten Google.

Kedua, setelah Anda menginstalnya, ketuk tombol "Buka" dan katakan "Hai Google."

Google Assistant/screeshoot-sae

Ketiga, asisten digital akan merespons Anda. Kemudian katakan "Kirim pesan WhatsApp ke XXXX (nama)." Anda harus menyebutkan nama kontak yang ingin Anda kirimi pesan.

Keempat. asisten Google kemudian akan menanyakan apa yang harus disebutkan dalam pesan.

Kelima. asisten virtual kemudian akan mengetik dan menampilkan pesan. Lalu asisten akan mengatakan pesan siap dikirim. Jadi setelah itu, Anda hanya perlu mengatakan "Oke, kirimkan." Maka pesan akan terkirim tanpa Anda perlu mengetiknya.

Mudah dan ringkas, bukan? Nah, selamat mencoba.

(Janlika Putri Indah Sari, Mia Chitra Dinisari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.