Bisnis, JAKARTA – Harus diakui Vespa merupakan kendaraan roda dua yang punya keunikan tersendiri dan begitu legendaris.
Bahkan begitu terkenalnya Vespa, sampai-sampai kendaraan sejenis dengan merek lainnya, orang banyak menyebutnya mengendarai Vespa
Padahal Vespa adalah nama perusahaan kendaraan roda dua asal Italia yang sudah lama berseliweran di Indonesia dengan berbagai variannya.
Hingga kini kendaraan lama roda dua Vespa masih eksis di jalan-jalan di dalam negeri. Penasaran dengan perjalanan Vespa yang kini telah berusia 75 tahun? berikut perjalanan kehadirannya berdasarkan siaran pers yang diterima oleh Bisnis.
1950-an
Era 1950- an merupakan era yang paling bersejarah bagi Vespa karena pada era inilah Vespa lahir dan berkembang di Indonesia.
Vespa model klasik
Kehadiran Vespa keluaran era awal kelahirannya pun masih menjadi primadona sampai saat ini di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh Vespa yang hadir sebagai kendaraan roda dua dengan bentuk unik, berkarakter serta revolusioner pada masanya.
1960-an
Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa semakin diterima dan populer. Pada masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia.
Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontigen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Momentum ini menjadi sebuah torehan sejarah yang berarti dan mendalam bagi Vespa di Indonesia.
1970-an
Kejayaan Vespa terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc, dan Vespa Special 90cc. Sampai kini, Vespa model klasik dan ikonik tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa juga sebagai gaya simbolik klasik yang penuh gaya.
1980-an
Pada era ini, Vespa yakin bahwa Indonesia siap untuk menarik perhatian pecinta otomotif dengan line up big engine.
Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc merupakan dua model big engine pertama yang dipasarkan di Indonesia dan diapresiasi oleh seluruh pecinta Vespa di Indonesia hingga saat ini.
1990-an
Vespa Corsa yang dilengkapi starter elektrik dan transmisi matik hadir pertama kali di Indonesia. Vespa Corsa sendiri memulai peralihan Vespa klasik menuju Vespa modern sehingga menjadikan Vespa Corsa sebagai pelopor motor matik di Tanah Air.
2000-an
Menandai ulang tahun ke-50, Vespa mempersembahkan Vespa ET dalam tiga versi, yakni Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection.
Vespa ET4 mendulang popularitasnya di era milenium karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak serta transmisi fully automatic.
Vespa ET4 juga menjadi basis Vespa Ferrari Limited Edition yang dibuat khusus untuk tim Ferrari saat merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.
2011
Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Vespa yang dinilai begitu tinggi, PT Piaggio Indonesia hadir secara resmi di Indonesia untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi konsumer di pasar ini.
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu Ani Yudhoyono (alm) menaiki sepasang Vespa klasik di Museum Angkut, Kota Batu, Jawa Timur pada 13 Oktober 2015. /foto instagram.com/aniyudhoyono
Produk pertama yang dibawa oleh PT Piaggio Indonesia adalah Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v yang langsung digemari oleh pecinta Vespa di tanah air.
2012
Vespa kembali menghadirkan line up big engine dengan menghadirkan Vespa GTS 250 sebagai flagship dari Vespa di tahun ini, dan juga Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.
2013
Setelah mengawali kehadiran Vespa resmi di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, PT Piaggio Indonesia memperluas rangkaian produknya dengan meluncurkan Vespa Primavera 150 3v, Vespa Sprint 150 3v, dan Vespa 946 Ricordo Italiano.
2015
Untuk menekankan komitmennya bagi seluruh pecinta lifestyle dan otomotif, Vespa berkolaborasi dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani.
Kolaborasi ini merupakan interpretasi dari perayaan dua ulang tahun merek Italia yang mendunia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.
2016
Merayakan ulang tahun yang ke-70, Vespa menghadirkan Vespa Settantesimo atau Vespa 70th Anniversary yang direpresentasikan oleh model Vespa PX, Primavera, dan GTS.
Ketiga Vespa edisi terbatas ini dibalut dengan warna Azzurro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. Di tahun yang sama, Vespa juga memulai pembaharuan mesin dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.
2017
PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa GTS 300, sebagai Vespa bertenaga big engine yang menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS pada masa depan.
2018
Tahun itu menjadi tahun yang juga istimewa bagi Vespa karena model klasik dan abadi, Vespa Primavera berulang tahun ke-50.
Vespa Primavera telah mewarnai hari-hari para pecinta Vespa selama setengah abad, dan masih tetap dinilai digemari sampai hari ini.
2019
Pada 2019, Vespa Indonesia kembali melengkapi pilihan ragam produknya dengan menghadirkan produk baru Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS.
Vespa Super Tech 300 HPE menjadi Vespa pertama yang dilengkapi fitur layar digital TFT berwarna.
2020
Vespa berkolaborasi dengan seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas.
Vespa model terkini
Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari Vespa yang selalu berjiwa muda dan relevan dari generasi ke generasi.
2021
Menjadi tahun penuh perayaan bagi PT Piaggio Indonesia, terutama bagi Vespa yang berulang tahun ke-75 dan telah mencapai lebih dari 19 juta unit produksi secara global.
Sebelumnya, Vespa juga memberikan kejutan dengan Vespa Picnic untuk mereka yang menyukai kebebasan dan menghargai setiap momen kecil yang sangat berarti. (Yudi Supriyanto, Rustam Agus)