Wuling Gandeng Gotion High-Tech Kembangkan Baterai

Wuling menggandeng Gotion Green Energy mengembangkan baterai kendaraan listrik untuk pasar otomotif Indonesia.

Fatkhul Maskur

1 Des 2022 - 20.57
A-
A+
Wuling Gandeng Gotion High-Tech Kembangkan Baterai

PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia yang bergerak di bidang pembuatan baterai Lithium Iron Phosphate (LFP). - Foto Gotion

Bisnis, JAKARTA - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) menggandeng PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion High-Tech) mengembangkan baterai kendaraan listrik untuk pasar otomotif Indonesia. 

SGMW Indonesia memiliki fasilitas produksi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Produksi pertama mobil listrik Wuling Air EV diluncurkan Senin (8/8/2022). Adapun Gotion adalah perusahaan yang berbasis di Silicon Valley dan punya kantor di Singapura.

Kedua perusahaan tersebut melakukan penandatangan naskah kesepahaman kerja sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia, Senin (28/11/2022). Tujuannya berinovasi dan mengembangkan baterai kendaraan listrik untuk pasar otomotif Indonesia.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Shi Guoyong, Presiden Direktur Wuling Motors (kiri) dan Hou Fei, Vice President Gotion High-Tech & Chairman of Liuzhou Gotion Battery.

“Kerja sama strategis ini merupakan sinergi positif dalam rangka mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Kami berharap dengan semakin banyaknya pihak yang berkolaborasi, hal tersebut dapat mendorong percepatan program elektrifikasi kendaraan di Indonesia,” ujar Shi Guoyong melalui keterangan resminya, Rabu (30/11/2022).


Shi Guoyong, Presiden Direktur Wuling Motors menunjukkan proses perakitan kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia, Air ev, kepada Hou Fei, Vice President Gotion High-Tech & Chairman of Liuzhou Gotion Battery. - Foto Wuling


Dalam perjanjian kerjasama ini, PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia akan menyediakan baterai dengan kualitas yang baik serta layanan purnajual yang profesional untuk baterai kendaraan listrik Wuling. Kerja sama ini dipercaya akan memberikan dampak positif untuk Wuling serta industri kendaraan listrik di Tanah Air.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan listrik dalam kategori BEV pada Oktober 2022 mencapai 2.157 unit. Secara total, Wuling masih berkontribusi paling besar dengan persentase 76 persen dengan model Air ev.

Pasalnya, Wuling berhasil mencatatkan penjualan Air ev sebanyak 1.629 unit, dengan rincian tipe Air ev Long Range 1.334 dan Standard Range 295 unit. Namun, dibanding bulan sebelumnya Wuling mengalami penyusutan penjualan sebanyak 13,5 persen.

BATERAI WULING AIREV

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan bahwa Wuling Air ev mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang bertugas menyimpan sekaligus menjadi sumber energi yang diperlukan motor listrik pada mobil berdimensi kompak ini. 

Perangkat baterai tersebut telah lolos 16 model uji ketahanan pada beragam kondisi dan situasi. Pengujian tersebut antara lain tes jatuh, rotasi berulang-ulang, kebakaran, rendaman air, benturan, hingga getaran untuk memastikan baterai tetap aman untuk digunakan sehari-hari oleh pengguna.

Berbagai uji perangkat baterai Air ev dilakukan dalam berbagai skenario. Salah satunya adalah uji ketahanan baterai pada benturan dengan metode tes jatuh dari ketinggian satu meter. 

Kemudian, dilakukan pula uji kecelakaan dengan percepatan hingga 28G dari satu titik ke titik lainnya dan juga flip test dengan rotasi berulang seperti pada kondisi mobil terbalik. Hasilnya, paket baterai Air ev berhasil melewati beragam tes tersebut dengan kondisi yang baik dan utuh serta masih berfungsi normal.


Berbagai uji perangkat baterai Air ev dilakukan dalam berbagai skenario. - Foto Wuling


Selain itu, baterai Air ev juga diuji dalam kondisi ekstrem lainnya, yakni situasi kebakaran. Pada pengujian ini, baterai berhasil melewati proses pembakaran pada suhu tinggi tanpa terjadi ledakan maupun kerusakan lainnya. 

Kemudian, paket baterai juga telah melalui tes rendaman dalam air dengan hasil baik sehingga memperoleh sertifikasi IP67, tanpa adanya kebocoran untuk menjamin keamanan pada situasi hujan maupun banjir. Tidak hanya itu, untuk melindungi baterai dari kondisi jalan yang tidak rata, baterai Air ev telah lulus uji getaran dengan frekuensi 24Hz selama tiga hari.

“Berbagai pengujian yang berhasil dilewati tersebut menunjukkan bahwa baterai Wuling Air ev aman dan tahan digunakan di kondisi pemakaian di Indonesia. Ditambah dengan kemudahannya dalam isi ulang daya, Air ev menjadi solusi baru untuk mobilitas modern yang ramah lingkungan dan aman,” kata Danang Wiratmoko.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.