Free

Cara Merawat Baterai Ponsel Agar Awet dan Tak Boros

Perlu diketahui cara agar baterai ponsel awet dan tidak boros. Simak tipnya!

Jaffry Prabu Prakoso

2 Jan 2023 - 19.50
A-
A+
Cara Merawat Baterai Ponsel Agar Awet dan Tak Boros

Ilustrasi menggunakan telepon. toolbox

JAKARTA – Melihat mobilitas penggunaan telepon genggam (ponsel) yang semakin meningkat, sebaiknya perlu diketahui cara agar baterainya awet dan tahan lama. Sebab, tak sedikit orang yang sering mengeluhkan baterai ponselnya boros atau mudah habis. 

Hal ini bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan yang kurang tepat hingga pengaruh sistemnya. Apalagi saat ini banyak ponsel (smartphone) yang mampu menyimpan beragam aplikasi dengan kapasitas cukup besar. Inilah yang dapat memengaruhi penggunaan baterai harian. 

Oleh karena itu, perlu diketahui cara agar baterai ponsel awet dan tidak boros. Simak tipnya dikutip dari adira.co.id.

 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima panggilan telepon saat acara peringatan 25 Tahun initial public offering (IPO) Telkom di Jakarta Bisnis/Abdullah Azzam


Hindari Menggunakan Ponsel saat Sedang Mengisi Daya (Charge)

Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai. Temperatur berpengaruh terhadap daya hidup baterai. Apabila temperatur tinggi, akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. 

 

Menjaga Siklus Pengisian Daya 

Banyak yang beranggapan bahwa baterai cepat boros karena mengisi daya baterai semalaman. Padahal, hal tersebut kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar smartphone karena saat ini smartphone sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh.

Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan cara agar baterai awet dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya, mengisi daya ponsel saat baterainya sudah 40 persen dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80 persen. 

Baca juga: Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Fold4 Dobrak Cara Penggunaan Telepon 

Gunakan Low Power Mode atau Battery Saving Mode 

Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur low power mode atau battery saving mode yang berguna sebagai salah satu cara agar baterai ponsel awet dan tahan lama. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background ponsel. 

Biasanya fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual sehingga Anda perlu memastikannya sendiri melalui pengaturan pada masing-masing HP. 

 

Matikan Auto Download atau Update 

Auto download adalah fitur yang otomatis dapat meng-upgrade aplikasi saat ada update dari pusat dan hal tersebut akan menyedot daya baterai lebih besar. Maka dari itu, sebagai salah satu cara agar baterai HP awet, sebaiknya nonaktifkan fitur ini untuk mempertahankan daya baterai agar lebih tahan lama. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara agar baterai awet dengan menyalakan auto update hanya melalui WiFi. 

Baca juga: Ambisi Xiaomi di Pasar Telepon Pintar Dalam Negeri

Atur Kecerahan Layar Ponsel

Visual yang muncul pada layar akan memengaruhi daya baterainya. Agar semakin hemat baterai, Anda juga bisa mengatur time sleep ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misalnya 1 menit. 

 

Jangan Biarkan Ponsel Overheat 

Ponsel akan overheat jika digunakan secara terus menerus, apalagi jika dibuat untuk bermain game dengan grafis yang cukup tinggi. Supaya tidak overheat, cobalah gunakan ponsel dengan bijak. 

 

Gunakan Wallpaper Statis 

Artinya, wallpaper yang visualnya tidak bergerak seperti live atau video. Penggunaan live wallpaper di smartphone memang membuat tampilan layar semakin keren, tetapi juga membuat baterai cepat habis. 

 

Tangkapan layar Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Fold4 dari YouTube Samsung

Matikan Notifikasi yang Kurang Penting 

Dengan mematikan notifikasi, kemungkinan Anda lebih jarang melihat smartphone. Sebab, jika semua notifikasi muncul dan berbunyi, Anda pasti ketagihan untuk membuka smartphone tersebut. 

Anda bisa menyalakan notifikasi yang dianggap penting saja, sementara notifikasi lainnya lebih baik dimatikan. Dengan begitu, cara agar baterai ponsel awet ini bisa membantu untuk mengurangi penggunaan baterai supaya tidak boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.