Free

Peran MIND ID dalam Transisi Energi & Ekosistem Kendaraan Listrik di RI

Tembaga menjadi krusial untuk pembangunan infrastruktur listrik, penyimpanan energi, dan sistem pengisian. Permintaan tembaga untuk infrastruktur pengisian diperkirakan meningkat signifikan hingga 2030.

Arlina Laras

11 Mei 2024 - 14.48
A-
A+
Peran MIND ID dalam Transisi Energi & Ekosistem Kendaraan Listrik di RI

Aktivitas pemurnian timah. /MIND ID

Bisnis, JAKARTA – MIND IDBUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia, terus mendorong transisi energi di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan arahan pemerintah.

Perseroan memiliki peran kunci dalam membangun ekosistem kendaraan listrik, dengan fokus pada pengembangan baterai menggunakan bahan dasar tembaga, mangan, dan nikel.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf  mengatakan bahwa tembaga menjadi krusial untuk pembangunan infrastruktur listrik, penyimpanan energi, dan sistem pengisian. Oleh karena itu, permintaan tembaga untuk infrastruktur pengisian diperkirakan meningkat signifikan hingga 2030.

Baca juga: Memanfaatkan Bendungan untuk Pengembangan Energi Berkelanjutan

“Hal ini membuka peluang besar bagi produsen tembaga seperti anggota Grup MIND ID, PTFI,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/5/2024).

Tembaga yang diproduksi PTFI berperan penting dalam pengurangan karbon global sebagai komponen kritis yang diperlukan dalam low-carbon economy dan highly electrified energy.

Selain itu, permintaan nikel untuk penyimpanan energi juga diperkirakan meningkat tajam. Dengan terus mengembangkan proyek hilirisasi tambang, MIND ID berperan penting dalam memenuhi kebutuhan ini dan mendukung pertumbuhan industri kendaraan listrik.

 

 

Lebih lanjut, Heri menyampaikan MIND ID berkomitmen untuk menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan melalui prinsip-prinsip environment, social, and governance (ESG).

Bersama anggota MIND ID yang meliputi PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk. (TINS), holding berusaha membangun ekosistem pertambangan yang inovatif dan berkelanjutan. 

Baca juga: Siasat MIND ID Dorong Transisi Energi & Ekosistem EV di Indonesia

Mulai dari digitalisasi, elektrifikasi, hingga konversi bahan bakar untuk terus meningkatkan praktik pertambangan berkelanjutan.

“MIND ID tidak hanya berperan sebagai pemain utama dalam industri pertambangan, tetapi juga sebagai penggerak utama dalam mendorong transisi energi menuju masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.