Galeri Nasional Gelar Seni Rupa Nusantara 2021 Terra (In)Cognita

Kegiatan ini diharapkan menjadi media untuk mempromosikan Indonesia melalui sajian visual yang artistik.

Yudi Supriyanto

18 Nov 2021 - 16.14
A-
A+
Galeri Nasional Gelar Seni Rupa Nusantara 2021 Terra (In)Cognita

Galeri Nasional/Antara

Bisnis, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia kembali membuka pameran 2 tahunan, yakni Pameran Seni Rupa Nusantara bertema Terra (In)Cognita, pada 18 November 2021.

Acara yang menjadi bagian dari Pekan Kebudayaan Nasional 2021 ini bertujuan mengukuhkan identitas bangsa melalui kekayaan ragam karya seni rupa. 

Pustanto, Kepala Galeri Nasional Indonesia, berharap Pameran Seni Rupa Nusantara 2021 Terra (In)Cognita dapat menjadi media untuk mempromosikan Indonesia melalui sajian visual yang artistik.

Hal ini tidak hanya yang terkait dengan sandang, pangan, dan papan yang ada dalam masyarakat Indonesia tetapi juga keunikan karya seni rupa itu sendiri, serta kepiawaian para seniman Indonesia dalam berkarya.

Karya Heri Dono - Keadilan Kontribusi Pangan (sumber gambar: Galeri Nasional Indonesia)

Dia berharap publik dapat mengapresiasi, mendapatkan pengetahuan, memperoleh inspirasi, serta termotivasi untuk mengembangkan kreativitas yang dapat memunculkan aktivitas-aktivitas budaya khususnya seni rupa. 

Hidupnya aktivitas seni rupa dalam masyarakat, ujarnya menyumbang pengembangan kebudayaan yang mampu mendorong pemajuan kebudayaan Indonesia. 

Pameran Seni Rupa Nusantara Terra (In)Cognita dalam rangka PKN 2021 akan dibuka pada Kamis, 18 November 2021, pukul 19.30 WIB melalui Zoom dan siaran langsung di YouTube Galeri Nasional Indonesia. 

Pameran dapat terus diakses di laman https://galnasonline.id/. Selain pameran, untuk mempertajam wacana juga akan digelar program publik yang dapat diikuti masyarakat umum.

Pameran ini akan menampilkan karya 2 dan 3 dimensi berupa lukisan, seni grafis, fotografi, keramik, instalasi, dan karya seni media. 

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini secara keseluruhan mencapai 26 karya dari 23 seniman Indonesia.

Terdiri atas 16 karya dari 16 peserta di 13 provinsi yang didapat dari hasil seleksi aplikasi terbuka atau open call dan 10 karya dari 7 seniman undangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.