Fenomena Baru, Pameran Lukisan di Rest Area Jalan Tol

Sebanyak 19 perupa menampilkan 60 karya mereka di rest area jalan tol di Jawa Tengah. Kegiatan ini, menampilkan karya seni di tempat istirahat di jalan tool, dapat dikatakan sebagai fenomena baru.

M. Syahran W. Lubis

1 Feb 2022 - 21.50
A-
A+
Fenomena Baru, Pameran Lukisan di Rest Area Jalan Tol

Pelukis Agus Bebek/Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Reivan Art Gallery, Ungaran, Semarang menggandeng PT Astari Marga Sarana pengelola Resta Pendopo KM 456 menggelar pameran lukisan.

Pameran Lukisan bertajuk  “Pesona Warna-Warni” ini menampilkan 60 karya 19 perupa dari berbagai kota antara lain Semarang, Kediri, Solo, Klaten, Cirebon, dan Kendal yaitu Agus Bebek, Dikustin, M. Japin, Triyono, Erica, Suratno, Pamor, Bangun Asmoro, ET Purnomo, N. Riyanto, Budi Santoso, Jarwoko, Choirun Sholeh, Galih, Budi Suryanyo, Ruslan, Joko SP, Moses Misdy (alm), dan Totok Sunu.

Pameran yang digelar di Resta Pendopo KM 456 yang berlokasi di Desa Sukoharjo dan dan Desa Ujung-Ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini dibuka oleh Agus Salim, pemilik Reivan Art Gallery Ungaran pada Sabtu (29/01/2022) dan berlangsung hingga 29 Maret 2022. 

Agus Salim mengatakan pameran ini bertujuan memantik semangat dan memotivasi kawan-kawan pelukis agar tetap berkarya meskipun masih serba terbatas karena terdampak pandemik Covid–19.

“Saya melihat rest area menjadi satu pilihan para pelukis untuk menggelar karyanya dan sangat potensial. Oleh sebab itu, begitu manajemen Resta Pendopo KM 456 membuka peluang dengan memberikan ruang pameran, segera saya sambut,” ujar Agus Bebek panggilan karib Agus Salim.

Dia menambahkan kehadiran ruang pamer di Resta Pendopo akan mempunyai nilai tambah dan daya tarik untuk para pejalan untuk mampir istrirahat sembari menikmati lukisan.”Harapannya tentu setelah melihat-lihat, pengunjung tertarik membeli untuk koleksi, sedangkan harga karya yang dipamerkan Rp1,5 juta sampai Rp70 juta," kata Agus melalui keterangan tertulis.

Hisyam Rosyadi, Head of Marketing & Promotion Resta Pendopo KM 456, menyambut baik kerja sama dengan Reivan Art Gallery. Menurut dia, pameran seni ini merupakan salah satu tujuan usaha Resta Pendopo KM 456 mencakup pelayanan publik kepada seluruh pengguna jalan tol.

“Resta Pendopo KM 456 merupakan area komersial, sekaligus pemberdayaan usaha kecil melalui kemitraan dengan UMKM di Jawa Tengah. Salah satunya memberikan ruang pameran untuk para pelukis,” ujanya.

Hisyam menambahkan Resta Pendopo KM 456 yang dikelola oleh PT Astari Marga Sarana adalah unit bisnis dari Astra Property, Astra Infra dan Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) berdiri di atas lahan seluas 3,3 hektare. Resta Pendopo KM 456 dapat diakses dari Tol Trans Jawa, baik di jalur A dan B, di dekat Gerbang Tol Salatiga. 

Joko SP, salah satu peserta pameran asal Klaten, mengatakan kegiatan ini merupakan langkah positif yang harus direspons pelukis untuk mengedukasi masyarakat sekaligus memperluas pasar.

“Harapannya tentu para pejalan yang mampir rest area tak hanya butuh makan, tetapi juga butuh melihat yang indah-indah dan muaranya mengoleksi karya para pelukis,” kata Joko.

Hala senada juga diungkapkan Pelukis asal Salatiga, Dodo, yang juga berharap pameran lukisan yang digelar ini merupakan langkah yang tepat untuk menjadi ajang para pelukis untuk menggelar karyanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.