Free

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Afghanistan

Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan yang telah menjadi komitmen Indonesia sebelumnya.

Saeno

9 Jan 2022 - 08.48
A-
A+
Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Afghanistan

Menlu Retno Marsudi/Kemlu

Bisnis, JAKARTA - Indonesia hari ini mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan. Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan yang telah menjadi komitmen Indonesia sebelumnya.

"Bantuan kemanusiaan berisi kebutuhan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afghanistan saat ini," ujar Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dalam penjelasannya, Minggu (9/1/2022) . 

Pengiriman bantun kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Afhanistan dilakukan dengan menggunakan dua pesawat Garuda Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bantuan kemanusiaan ini merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan yang telah di-pledge-kan oleh Indonesia atau telah dikomitmenkan oleh Indonesia sebelumnya," ujar Menlu Retno saat melepas keberangkatan pesawat pengirim bantuan di Bandara Soekarno Hatta. 

Di dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan tersebut, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan-Badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program. 

Bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan WFP dan akan disupervisi oleh misi Indonesia di Kabul. 

"Bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan diberikan sebagai respons terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan," ujar Menlu Retno.

Sebanyak 23 juta penduduk Afghanistan terancam kelaparan. Jumlah tersebut melebihi setengah penduduk Afghanistan.

Lebih dari 3 juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi. World Food Programme mengatakan Afghanistan menjadi the world’s largest humanitarian crisis

Tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afghanistan akan semakin berat dan diperkirakan akan dapat berdampak pada stabilitas Afghanistan secara keseluruhan. 

"Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu menjadi prioritas," tambah Menlu Retno

Menlu menambahkan masing-masing pesawat akan dikawal oleh diplomat, tim medis dan tim pengamanan. 

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang antara lain pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afghanistan. 

Dalam pertemuan OKI di Islamabad, Indonesia kembali menegaskan pentingnya penghormatan hak-hak dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan. 

"Dalam waktu dekat, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan saya bahas dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan. Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera," tegas Menlu Retno. 

Dalam kesempatan tersebut Menlu Retno menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Garuda Indonesia dan seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi sehingga pelaksanaan pengiriman bantuan kemanusiaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.