Mau Yoga atau Meditasi, 3 Lokasi Ini Bisa Anda Coba

Pemerintah mendorong pengembangan wisata kesehatan, termasuk meditasi dan yoga, untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Redaksi

30 Nov 2021 - 22.07
A-
A+
Mau Yoga atau Meditasi, 3 Lokasi Ini Bisa Anda Coba

Ilustrasi meditasi/Fox News

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong pengembangan wisata kesehatan (wellness tourism) untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah ingin menjadikan wisata kesehatan sebagai program unggulan yang menargetkan pemberdayaan wisatawan Nusantara. Wisata kesehatan merupakan kegiatan yang mengedepankan peningkatan kesehatan dan kebugaran fisik serta pemulihan kesehatan spiritual dan mental wisatawan.

Penelitian dari Frontiers in Psychiatry mencatat mereka yang rutin melakukan yoga dan meditasi mampu membantu meringankan beban pikiran akibat pandemi, mengurangi stres, serta meningkatkan ketenangan berpikir, bahkan terbukti turut meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Aprishi Allita, pakar yoga dan meditasi, mengatakan alam kegiatan yoga, ritme pernapasan menjadi fokus pokok. “Kita pun menjadi lebih memahami kondisi tubuh, ruangan, dan lingkungan sekitar. Yoga dan meditasi menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan.”

Berikut tiga destinasi wisata yang bisa didatangi bila Anda ingin menjalani perjalanan mindfulness:

Plataran Komodo Resort & Spa

Tempat di Nusa Tenggara Timur ini merupakan destinasi wisata impian yang menjadi salah satu opsi tepat untuk mengoptimalkan pengalaman yoga, meditasi, dan spa dengan sensasi di alam lepas. Turis dapat menikmati keindahan pemandangan pesisir di Labuan Bajo. Plataran Komodo pun menyediakan instruktur profesional yang siap memandu.

Ubud Yoga Centre, Bali

Tempat ini adalah destinasi yoga yang berdiri sejak 2004. Didirikan oleh seorang yogini bernama Mony Suriany, pusat yoga ini mengusung konsep green getaway dan sangat cocok bagi masyarakat yang ingin escape sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Terdapat beragam kelas mulai dari Kundalini Yoga & Meditation Class, Bikran Yoga Class, Hot Barre, hingga program yoga khusus untuk keluarga dan anak-anak. Dikelilingi dengan pemandangan hijau Ubud yang teduh dan menenangkan, aura zen ini bisa membantu untuk menemukan kejernihan berpikir dan ketenangan hidup.

Awal Mula Yoga & Pilates Studio, Jakarta Selatan

Jakarta juga memiliki studio yoga terkenal berlokasi di Pondok Indah. Studio ini bisa menjadi pilihan destinasi untuk yoga dan meditasi dengan suasana tenang yang tak akan menghilangkan mindfulness yang ingin Anda capai.

Studio ini memiliki variasi kelas untuk pemula hingga mereka yang berpengalaman, mulai dari Bikram Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Flow, Hot Vinyasa, Barre, dan Inferno Hot Pilates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.