Free

Kesehatan Mata, Ini Makanan yang Bermanfaat Selain Wortel

Salah satu gejala kekurangan vitamin A adalah rabun senja. Memakan wortel dapat membantu Anda menghindari hal ini. Selain mengonsumsi wortel, sejumlah makanan lain pun memberikan manfaat untuk kesesehatan mata.

Redaksi

21 Nov 2021 - 16.42
A-
A+
Kesehatan Mata, Ini Makanan yang Bermanfaat Selain Wortel

Ilustrasi - Pohon jeruk/pertanian.go.id/balibangtan

Bisnis, JAKARTA - Wortel memiliki asosiasi yang kuat setiap orang berbicara tentang kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam wortel disebut sebagai salah satu hal yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan mata.

Wortel terkenal manfaatnya untuk meningkatkan penglihatan. Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten tingkat tinggi, yang keduanya akan membantu menjaga kesehatan mata.

Salah satu gejala kekurangan vitamin A adalah rabun senja. Memakan wortel dapat membantu Anda menghindari hal ini.

Namun, sesungguhnya selain mengonsumsi wortel, sejumlah makanan lain pun memberikan manfaat untuk kesesehatan mata.

Terdapat beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata, seperti dilansir dari Express berikut ini.

1. Ikan

Mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3 dapat membantu menjaga retina Anda tetap sehat. Mengonsumsi ikan juga dapat meningkatkan penglihatan Anda. Beberapa penelitian menyebutkan diet dengan porsi ikan yang teratur dapat mencegah kondisi seperti degenerasi makula atau glaukoma.

Jika tidak bisa makan ikan, Anda bisa mendapatkan suplemen omega-3 vegan untuk menuai manfaat asam lemak.

2. Telur ceplok

Kuning telur penuh dengan vitamin untuk menjaga penglihatan Anda tetap prima. Kuning telur yang khas mengandung nutrisi ramah mata berikut:

  • Vitamin A - Lutein - Zeaxanthin - Seng

Vitamin A melindungi kornea sementara lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko Anda terkena degenerasi makula atau glaukoma. Seng adalah kunci untuk dapat melihat lebih baik di malam hari, atau saat lampu redup.

3. Almond

Almond kaya akan vitamin E. Vitamin ini sering dikreditkan dengan membuat kulit Anda indah lembut dan halus, tetapi juga bisa meningkatkan penglihatan Anda dan mengurangi risiko katarak.

4. Kale

Sering dipuji sebagai makanan super, kale tentu memiliki beberapa kredensial kesehatan yang mengesankan. Kale kaya akan antioksidan termasuk lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan kondisi mata yang serius seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang memiliki banyak fungsi penting di sekitar tubuh Anda. Salah satu fungsi vitamin C adalah menjaga kesehatan pembuluh darah di mata yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Jangan Lupa Labu

Selain 5 makanan di atas, labu juga baik untuk kesehatan mata, Memasukkan satu sayuran ini bisa menjadi kunci untuk menghindari penyakit penglihatan tertentu.

Dokter mata Alastair Lockwood, ahli bedah mata dan penasihat kesehatan mata di Feel Good Contacts, menyebutkan labu bisa menjadi kunci untuk mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. Degenerasi makula lazim terjadi pada orang berusia 50-an dan 60-an, .

Labu disebut sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko kondisi mata terkait usia tertentu karena sayuran ini dikemas penuh dengan vitamin C, vitamin A, dan seng.

“Vitamin C memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD) dan mengurangi risiko katarak. Vitamin A melindungi kornea dan meningkatkan penglihatan malam, sementara seng membantu mengantarkan vitamin A dari hati ke retina untuk membentuk melanin yang melindungi mata dan membantu memperlambat perkembangan AMD,” jelas Lockwood, seperti dikutip Express, Jumat (22/10/2021).

Labu juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang keduanya merupakan antioksidan. Antioksidan ini melindungi mata dengan menyaring panjang gelombang energi tinggi cahaya. Mereka juga dapat mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan AMD.

Labu mengandung sejumlah nutrisi lain yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain vitamin, labu juga mengandung zat besi dan folat yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Labu tinggi serat dan potasium, yang membantu menurunkan tekanan darah dan membantu penurunan berat badan. Meski memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, Lockwood memperingatkan bahwa tidak semua makanan yang mengandung labu itu sehat.

Dia menunjukkan bahwa banyak hidangan musiman populer yang memanfaatkan labu sebenarnya dapat merusak kesehatan secara keseluruhan, daripada menawarkan khasiat penyembuhan labu saja. Misalnya, pai labu yang dikemas dengan gula.

Daripada mengonsumsinya secara berlebihan, dia merekomendasikan untuk dinikmati dalam jumlah sedang. Atau, Anda dapat menggantinya dengan camilan labu yang sehat, termasuk biji labu panggang, yang dikemas dengan vitamin, smoothie, dan sup. (Ni Luh Anggela, Mia Chitra Dinisari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.