Omicron Masuk Indonesia? KSP Sebut Berita dari Bekasi Hoaks

Pihak KSP menyatakan pemberitaan tentang 4 warga di Cikarang Barat, yang terpapar varian Omicron sebagai berita bohong atau hoaks.

Feni Freycinetia Fitri

8 Des 2021 - 17.13
A-
A+
Omicron Masuk Indonesia? KSP Sebut Berita dari Bekasi Hoaks

KSP menegaskan pemberitaan yang menyebutkan 4 warga Kabupaten Bekasi terinfeksi Omicron sebagai kabar bohong atau hoaks. Berdasarkan hasil penelusuran tim Dinkes Bekasi ke laboratorium yang melakukan testing, keempat warga Bekasi tersebut positif terinfeksi varian Delta, bukan Omicron./ksp.go.id

Bisnis, JAKARTA -Kantor Staf Presiden merespons beredarnya berita tentang 4 warga Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang terpapar varian Omicron virus Corona penyebab Covid-19.

Pihak KSP menyatakan pemberitaan tentang 4 warga di Cikarang Barat, yang terpapar varian Omicron sebagai berita bohong atau hoaks.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo setelah melakukan klarifikasi atas informasi tersebut kepada Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bekasi dr. Sri Enny Mainiarti.

“Tidak ada bukti dan tidak ada statement apa pun dari saya bahwa varian Omicron sudah masuk bekasi,” kata Abraham menirukan pernyataan Kadinkes Bekasi seperti dikutip dalam pernyataan resmi, Rabu (8/12/2021).

Berdasarkan hasil penelusuran tim Dinkes Bekasi ke laboratorium yang melakukan testing, diketahui bahwa hasil tes menunjukan bahwa 4 orang yang diberitakan dinyatakan positif Delta, bukan Omicron.

Menurut Dinkes Pemkab Bekasi, keempat warga yang positif sudah dilakukan karantina, juga dilakukan tracing pada kontak erat.

"Langkah-langkah sudah dijalankan sesuai protokol,” tutur Abraham

Abraham menyayangkan pemberitaan soal empat orang positif Covid-19 di Bekasi dilakukan tanpa melalui klarifikasi dari sumber utama, yakni pihak Dinkes atau Kemenkes RI.

“Hoaks semacam ini bisa merugikan masyarakat dan menimbulkan kepanikan yang tidak diperlukan,” sambungnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron di Bekasi.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah belum menemukan varian Omicron hingga saat ini.

"Belum ada," tegas dr Nadia, Rabu (8/12/2021).

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Pemkab Bekasi mengunggah artikel di situs bekasikab.go.id dengan judul "Kadinkes Tegaskan 4 Orang Terpapar Omicron Bukan Warga Kabupaten Bekasi" yang tayang pada Selasa (7/12/2021).

Namun, informasi tersebut sudah dihapus dari laman bekasikab.go.id setelah satu hari diunggah dan menjadi viral di media sosial.

Artikel yang sama juga diunggah ke situs yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Bekasi diskominfosantik.bekasikab.go.id. Artikel dengan judul "Kadinkes Tegaskan 4 orang Terpapar Omicron Bukan Warga Bekasi" dapat diakses di link berikut ini: Kadinkes Tegaskan 4 Orang Terpapar Omicron Bukan Warga Kabupaten Bekasi (bekasikab.go.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.