Free

Sambut 2022, Kim Jong-un Bicara Pabrik Traktor & Seragam Sekolah

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut tahun baru dengan membahas pabrik traktor dan seragam sekolah, bukan rudal dan nuklir.

M. Syahran W. Lubis

1 Jan 2022 - 08.58
A-
A+
Sambut 2022, Kim Jong-un Bicara Pabrik Traktor & Seragam Sekolah

Pemimpin Korea Utara Kiim Jong-un / VOANews

Bisnis, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengakhiri tahun ke-10 kekuasaannya dengan pidato yang lebih banyak menyebutkan pabrik traktor dan seragam sekolah daripada senjata nuklir atau Amerika Serikat, menurut ringkasan media pemerintah pada Sabtu (01/01/2022).

Tujuan utama Korea Utara untuk 2022 adalah memulai pembangunan ekonomi dan meningkatkan kehidupan masyarakat karena menghadapi “perjuangan hidup dan mati yang hebat,” kata Kim dalam pidato pada Jumat (31/12/2021) di akhir Rapat Pleno ke-4 Komite Partai Pekerja Korea (WPK), yang dimulai pada Senin (03/01/2022) sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Pertemuan itu bertepatan dengan peringatan 10 tahun Kim secara efektif mengambil alih kepemimpinan negara setelah kematian ayahnya, Kim Jong-il, pada 2011.

Kim menggunakan pidato sebelumnya sekitar Tahun Baru untuk membuat pengumuman kebijakan utama, termasuk meluncurkan keterlibatan diplomatik yang signifikan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.


Akan tetapi, ringkasan pidatonya yang diterbitkan di media Pemerintah Korea Utara tidak menyebutkan secara spesifik tentang AS, dengan hanya mengacu pada diskusi yang tidak ditentukan tentang hubungan antar-Korea dan "urusan luar".

Fokus domestik dari pidato tersebut menggarisbawahi krisis ekonomi yang dihadapi Kim di dalam negeri, di mana penguncian perbatasan anti-pandemi yang dipaksakan sendiri telah membuat Korea Utara lebih terisolasi daripada sebelumnya.

"Tugas dasar yang dihadapi bagian dan rakyat tahun depan adalah memberikan jaminan yang kuat untuk melaksanakan rencana lima tahun dan membuat perubahan luar biasa dalam pembangunan nasional dan kehidupan masyarakat," kata Kim.

Dia menghabiskan sebagian besar pidatonya dengan memerinci masalah domestik, dari rencana ambisius untuk pembangunan perdesaan hingga pola makan masyarakat, seragam sekolah, dan kebutuhan untuk menindak “praktik non-sosialis”.

Kim mengutip kemajuan militer yang tidak ditentukan sebagai pencapaian signifikan tahun lalu dan membahas "tugas militan" yang dihadapi pertahanan nasional pada 2022.

Pabrik traktor yang dia diskusikan dalam pidato itu juga kemungkinan akan digunakan untuk membangun kendaraan peluncuran untuk rudal, kata analis asing. Korea Utara diyakini telah memperluas persenjataannya meskipun dikunci pandemi Covid-19.

Fokus besar pada pembangunan pedesaan kemungkinan merupakan strategi populis, kata Chad O'Carroll, pendiri NK News, situs web berbasis di Seoul yang melacak Korea Utara.

“Secara keseluruhan, Kim mungkin sadar bahwa mengungkapkan rencana pengembangan militer yang canggih sementara orang-orang menderita kekurangan pangan dan kondisi yang keras di luar Pyongyang mungkin bukan ide yang bagus tahun ini,” tulisnya di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.