Saraswanti (SAMF) & SIG Berkolaborasi Dukung Pengembangan Pupuk

Kolaborasi Saraswanti dengan SIG salah satunya diwujudkan dalam pembukaan cabang laboratorium uji kimia SIG di AMG Tower, Surabaya. 

Zufrizal

1 Des 2021 - 10.26
A-
A+
Saraswanti (SAMF) & SIG Berkolaborasi Dukung Pengembangan Pupuk

Gedung PT

Bisnis, JAKARTA — PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk. berkolaborasi dengan PT Saraswanti Indo Genetech guna mendukung pengembangan dan penelitian terkait penyempurnaan produk pupuk yang ada. 

PT Saraswanti Indo Genetech (SIG) merupakan salah satu sister company Saraswanti yang ahli di bidang laboratorium, sedangkan Saraswanti adalah produsen pupuk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Dalam era agroindustri yang semakin maju, kesuksesan bisnisnya ditopang oleh seberapa besar penunjang sarana riset dan laboratoriumnya,” ujar Direktur Utama PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk. (SAMF) Yahya Taufik melalui keterangan pers, Rabu (1/12/2021).

Kolaborasi Saraswanti dengan SIG salah satunya diwujudkan dalam pembukaan cabang laboratorium uji kimia SIG di AMG Tower, Surabaya. Pembukaan cabang ini diresmikan oleh Direktur Utama SIG Edi Premono dan Yahya Taufik.

Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech.-Istimewa  

Selain pengembangan produk pupuk dan dibuka untuk kepentingan umum (tujuan komersial), laboratorium ini juga digunakan untuk kepentingan internal. Kehadiran laboratorium ini menunjang pengembangan dan perbaikan teknologi produk pupuk serta kegiatan riset pengujian pupuk dalam tanah dan tanaman. 

Ruang lingkup dan aktivitas kegiatan di laboratorium yang menunjang agroindustri pupuk meliputi ranah berbagai macam analisis untuk jenis pupuk. Hal itu karena setiap unsur dalam pupuk berinteraksi dan mengalami dinamika di dalam tanah dan tanaman sehingga laboratorium ini juga menganalisis contoh berupa tanah dan daun.

Dilengkapi dengan peralatan canggih, laboratorium ini didukung dengan tim analis yang sudah terlatih dengan andal untuk melakukan analisis dasar dan penginstrumenan. 

Adapun, standar yang diterapkan laboratorium untuk mutu mengacu kepada ISO 17025 dengan menggunakan metode berstandar SNI dan internasional. Peralatan penginstrumenan pengukuran materi yang tersedia di laboratorium antara lain Karl Fischer, spektrofotometer, UV-Vis, flame photometer, AAS, dan ICP OES.

“Dengan adanya laboratorium kolaborasi ini, diharapkan Saraswanti dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen,” papar Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.