Side Events G20 Jadi Magnet Investasi & Turisme Daerah

Berdasarkan agenda Side Events G20 yang telah diinventarisasi, tercatat 121 side acara yang dijadwalkan pada Desember 2021 sampai November 2022.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

21 Jan 2022 - 15.30
A-
A+
Side Events G20 Jadi Magnet Investasi & Turisme Daerah

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021)./Kominfo-Amiri Yandi

Bisnis, JAKARTA — Acara sampingan G20 yang bakal digelar di sejumlah daerah dengan mengusung kearifan lokal sebagai nilai tambah diharapkan dapat membuka potensi pengembangan pariwisata dan investasi daerah yang lebih merata di Indonesia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan Side Events G20 di sejumlah daerah itu dapat menggerakan perekonomian masyarakat lokal serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

“Side Events G20 harus menjadi showcase citra positif kemajuan dan budaya Indonesia. Penyelenggaran acara sampingan G20 diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan budaya, investasi, serta pariwisata di Indonesia,” kata Lutfi, Jumat (21/1/2022). 

Berdasarkan agenda Side Events G20 yang telah diinventarisasi, tercatat 121 side acara yang dijadwalkan pada Desember 2021 sampai November 2022. 

Penyelenggaraan Side Events G20 tersebut tersebar di berbagai lokasi di Indonesia termasuk 5 daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yaitu Danau Toba di Sumatera Utara; Borobudur, Magelang di Jawa Tengah; Mandalika di Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur; dan Likupang di Sulawesi Utara. 

Daerah lainnya yang akan didapuk menjadi tempat penyelenggaraan Side Events adalah Jakarta, Bali, Bintan, Batu, Bogor, Sorong, Surabaya, Makassar, Palembang, Belitung, Solo, Banjarmasin, dan Pontianak. 

Lutfi berharap, Side Events G20 yang digelar di berbagai daerah dapat menggerakkan perekonomian daerah. Terutama dalam memperkenalkan keunggulan produk lokal Indonesia.

“Kami optimistis seluruh agenda Side Events G20 akan terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, khususnya dalam memperkenalkan produk unggulan daerah. Kita juga akan memastikan kearifan lokal Indonesia akan menjadi nilai lebih agenda-agenda Side Events G20,” ujarnya. 

Berdasarkan catatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Presidensi Indonesia di Konferensi Tingat Tinggi (KTT) G20 pada tahun depan berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dari 20 negara anggota, organisasi internasional, dan negara undangan.

Adapun,  estimasi warga negara asing yang akan masuk ke Tanah Air dari pergelaran tersebut mencapai sekitar 6.500 delegasi, yang terdiri dari 38 pemimpin dunia, 60 menteri pendamping dan 6.000 awak pers.

KTT G20 pun diharapkan dapat menjadi momen pembukaan kembali tujuan wisata andalan di Indonesia selain meningkatkan kerja sama dan investasi dengan negara anggota.

Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Yuliot Tanjung sebelumnya mengestimasikan pertumbuhan investasi sektor pariwisata berpeluang naik 30 persen akibat KTT G20 pada 2022. 

Seiring dengan mulai melandainya kurva penyebaran Covid-19, kata Yuliot, geliat penanaman kapital di sektor turisme pun mulai menunjuukan tren positif. 

Sejumlah pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat pada sektor pariwisata turut menyegarkan kembali investasi dalam dan luar negeri. 

“G20 kegiatan sifatnya internasional. Biasanya, kalau event-event internasional, investasinya terjadi peningkatan. Untuk proyeksi tahun depan kenaikan investasi menjadi Rp1.200 triliun, [investasi] untuk hotel dan restoran bisa di antara 22 persen—30 persen,” katanya. 

Yuliot berharap pelandaian kurva Covid-19 di Tanah Air dapat konsisten agar investor makin yakin menanamkan modal mereka di dalam negeri. 

Dia pun menilai positif penanganan pandemi yang berhasil menekan laju pertumbuhan kasus harian di bawah 10.000 belakangan ini. 

“Itu menambah keyakinan investor untuk melakukan investasi baik dalam negeri ataupun penanaman modal asing [PMA],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.