Turing Sepeda Motor Tak Sekadar Menggeliatkan Wisata

Kegiatan berkendara secara bersama-sama komunitas alias touring makin marak seiring dengan pelonggaran pembatasan pandemi Covid-19. Selain menggeliatkan wisata, tren ini memacu permintaan akan produk sepeda motor yang mendukung perjalanan jarak jauh.

Fatkhul Maskur

7 Des 2021 - 14.27
A-
A+
Turing Sepeda Motor Tak Sekadar Menggeliatkan Wisata

Kampung Adat Gunung Dago, Bogor, menjadi lokasi tujuan. - Foto Wahana

Bisnis, JAKARTA - Kegiatan berkendara secara bersama-sama komunitas alias touring makin marak seiring dengan pelonggaran pembatasan pandemi Covid-19. Pekan lalu, Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT) menggelar ADV Urban Exploride.

ADV Urban Exploride adalah kegiatan Honda ADV Indonesia (HAI) Chapter Jakarta dengan beberapa kegiatan, mulai dari kunjungan ke daerah wisata, donasi buat warga, hingga bagi-bagi pengetahuan di antara anggota komunitas yang kerap berkendara jauh tentang seputar keselamatan diri.

“Jadi tidak hanya kumpul dan touring saja, kami selalu berusaha untuk menciptakan kegiatan postif dan dapat memberikan manfaat untuk orang banyak,” jelas Andra Friandana, Marketing Communication Wahana dalam keterangan pers, Selasa (7/12/2021).

ADV Urban Exploride mengangkat tema Ngegas, Gathering, dan Dukung Sektor Pariwisata Terdampak Pandemi. Start dari salah satu SPBU di Tangerang, seluruh peserta ADV Urban Exploride yang ikut diwajibkan telah melakukan vaksin yang dibuktikan melalui aplikasi peduli lindungi. 

“Bergerak dengan perhatian khusus protokol kesehatan, kami bersama komunitas Honda akan mulai bergerak untuk memberikan manfaat yang lebih baik untuk orang banyak,” katanya. Pada kesempatan ini, Kampung Adat Gunung Dago, Bogor, menjadi lokasi tujuan. Di sini, komunitas pecinta Honda ADV untuk melakukan donasi untuk warga di lokasi wisata.

Lokasi ini sengaja dipilih dalam rangka mendongkrak kembali tujuan wisata yang terpaksa tutup akibat pandemi. Dengan kehadiran belasan anggota komunitas Honda ini diharapkan dapat memicu kembali masyarakat luas untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata dan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat sekitar. 

Dalam kegiatan ini juga digelar sharing pengetahuan terkait keselamatan diri yang berguna untuk anggota komunitas yang kerap berkendara jauh. Basic life support di berikan dengan beragam materi mendasar untuk mengatasi korban kecelakaan di jalan raya. 

Ternyata penanganan yang tepat dapat meningkatkan kesempatan hidup lebih tinggi korban kecelakaan. Beragam kondisi yang dialami korban kecelakaan mulai dari membuka helm hingga penanganan patah tulang diberikan pada kesempatan ini.

PANDUAN WISATA

Pemerintah jauh-jauh hari telah mengantisipasi tren berkendara sepeda motor ke destinasi wisata dengan meluncurkan panduan wisata untuk touring di tengah pandemi Covid-19. Aturan main yang disiapkan guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan peserta touring.

"Panduan sudah disiapkan untuk dipublikasikan ke komunitas motor," kata Sandiaga, pertengah tahun ini.

Menurutnya, aktivitas yang direkomendasikan dalam panduan sejalan juga dengan kegiatan komunitas-komunitas di Indonesia seperti Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia dan Ikatan Motor Indonesia.

Ia mengatakan wisata berbasis otomotif itu sejalan dengan konsep pariwisata yang ngetren saat ini, yakni wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, seperti menjurus pada kearifan lokal, wisata bersama dengan keluarga, tidak berbondong-bondong atau dalam jumlah lebih sedikit. Selain itu, touring pun bisa memberi pengalaman berwisata lebih.

Touring itu tidak sekadar berguna menggeliatkan perekonomian pariwisata, namun juga bisa meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata dengan kendaraan pribadi, dan mengampanyekan wisata berkendara yang aman.

PASAR MOTOR TURING

Menurut Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, pasar sepeda motor sport dan adventure touring menunjukkan tren positif. Thomas mengatakan preferensi konsumen saat ini adalah bagaimana motor sport dapat tetap memiliki tampilan adventure namun juga nyaman digunakan setiap hari dan tangguh untuk melakukan eksplorasi jarak jauh.

"Kebutuhan tersebut berpeluang untuk dipenuhi melalui sepeda motor sport adventure touring. Namun, kategori sport adventure touring baru tersedia untuk motor berkapasitas mesin besar dan big bike," jelas dia, baru-baru ini.

Untuk menjawab kebutuhan pasar, Astra Honda telah memperkenalkan New CB150X yang dibanderol dengan kisaran Rp32 juta-Rp35 juta di arena pameran GIIAS 2021. New CB150X adalah motor sport adventure touring 150cc pertama di Indonesia. 

New CB150X terbaru ini hadir dengan desain adventure touring dan nuansa tampilan big bike, posisi berkendara yang nyaman, serta beragam fitur canggih yang mampu memberikan performa berkendara yang optimal.

Sebelumnya, Honda meluncurkan New CRF150L, sepeda motor on-off sport yang tangguh untuk segala medan;  Honda GL1800 Gold Wing, yang membidik pecinta motor turing premium di Indonesia; serta All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan fitur. 

Turing motor memang tak sekadar menggeliatkan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.