7 Kiat Hemat Baterai HP Saat Mudik

Ketahanan baterai gawai masih kerap menimbulkan permasalahan bagi banyak orang, khususnya yang hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau pulang kampung saat Lebaran.

Wike D. Herlinda

28 Apr 2022 - 12.00
A-
A+
7 Kiat Hemat Baterai HP Saat Mudik

Ilustrasi mengisi baterai ponsel pintar/freepik

Bisnis, JAKARTA — Ponsel saat ini menjadi perangkat wajib yang tidak boleh ketinggalan saat bepergian termasuk mudik menjelang Lebaran. Sayangnya, ketahanan baterai gawai ini masih kerap menimbulkan permasalahan bagi banyak orang.

Namun bagi Anda yang berencana mudik ke kampung halaman, jangan khawatir. Ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel terutama saat bepergian, seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Turunkan Level Brightness Ponsel Anda

Tingkat kecerahan layar ponsel bisa menguras kapasitas baterai. Untuk itu, pastikan tingkatannya ada pada level terendah atau dalam kondisi gelap. Anda bisa mengaktifkan fitur 'Otomatis' agar tidak perlu melakukannya secara manual.

2. Nonaktifkan Fitur Lokasi Jika Tidak Diperlukan

Sama halnya dengan brightness, fitur lokasi juga dapat mengurangi kapasitas baterai ponsel. Apabila sedang tidak memerlukan fitur lokasi, sebaiknya matikan saja. 

3. Matikan Push Notification 

Salah satu fungsi hadirnya fitur notifikasi adalah untuk mendapat informasi sedini mungkin. Kendati demikian, push notification dapat menguras kapasitas baterai smartphone.

Penyebabnya, fitur ini menghadirkan isi notifikasi langsung dari aplikasi ke layar ponsel sehingga sistem bekerja lebih keras dan baterai ponsel atau daya yang digunakan juga lebih banyak.

4. Batasi Penggunaan Fitur Kamera

Jika Anda bertujuan mendokumentasikan kegiatan atau aktivitas tertentu menggunakan kamera ponsel pintar, upayakan menghemat baterai dengan beberapa cara. Salah satunya jika di siang hari, manfaatkan sinar matahari sebagai pendukung pencahayaan dan jangan gunakan flash.

Begitu pun saat baterai ponsel mau habis, jangan gunakan fitur kamera jika tidak ingin benar-benar kehabisan daya. Gunakanlah kamera secukupnya dan bijaksana.

Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020)./ANTARA FOTO-Septianda Perdana

5.Aktifkan Airplane Mode dan Manfaatkan Wifi

Airplane mode (mode pesawat) merupakan alternatif lain dari cara menghemat baterai yang dapat dilakukan. Dengan mengaktifkan mode ini, ponsel sedang beristirahat dan terputus sementara dengan berbagai konektivitas seperti sinyal.

Selain itu, jika membutuhkan internet, manfaatkan Wifi yang ada di sekitar sehingga daya yang digunakan lebih hemat daripada jaringan seluler biasa.

6. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Saat ini hampir semua ponsel cerdas dilengkapi fitur penghematan daya untuk menyesuaikan kapasitas baterai dengan beragam aktivitas yang sedang berjalan di perangkat. 

Dengan mengaktifkannya, baterai otomatis akan awet selama digunakan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang dikhususkan menghemat penggunaan baterai.

7. Kurangi Penggunaan Aplikasi dengan Koneksi Internet

Dalam keadaan darurat, sebisa mungkin kurangi penggunaan aplikasi yang dapat menguras baterai. Jika baterai hampir sekarat dan Anda belum menemukan solusi untuk mengisi ulang daya, maka jangan buka aplikasi apa pun dan aktifkan mode pesawat. (Rahmi Yati)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.