Djokovic ke Australia Terbuka Tanpa Divaksin, Picu Kemarahan PM

Petenis Serbia Novak Djokovic datang ke Melbourne untuk mempertahankan gelar di Australia Terbuka tanpa divaksin Covid-19. Hal itu memicu kemarahan Perdana Menteri Scott Morrison.

M. Syahran W. Lubis

5 Jan 2022 - 23.56
A-
A+
Djokovic ke Australia Terbuka Tanpa Divaksin, Picu Kemarahan PM

Petenis Serbia Novak Djokovic./Internazionalibnlditalia.com

Bisnis, JAKARTA – Perdana Menteri Australia Scott Morrison tidak menyukai dispensasi medis yang diberikan kepada superstar tenis Serbia Novak Djokovic untuk menghadiri Australia Terbuka yang akan datang tanpa divaksinasi Covid-19.

“Dia tidak akan diperlakukan berbeda dengan orang lain dan akan berada di pesawat pulang berikutnya. Seharusnya tidak ada aturan khusus untuk Novak Djokovic,” kata PM Morrison sebagaimana dilansir CGTN pada Rabu (05/01/2021).

Perdana Menteri Australia Scott Morrison/The Guardian 

Semua pemain dan staf harus sepenuhnya disuntik untuk berpartisipasi dalam Australia Terbuka tahun ini kecuali jika mereka diberikan izin oleh panel ahli independen.

Djokovic tidak pernah mengungkapkan status vaksinasinya, yang menjadi kendala baginya untuk berlaga di Australia Terbuka. Pada Selasa (04/01/2021), dia mengumumkan di Instagram bahwa dia diberikan dispensasi dan akan tampil di Melbourne Park untuk turnamen tenis Grand Slam pertama tahun ini.

Itu membuat marah banyak orang di Australia, di mana lebih dari 90% penduduk di atas usia 16 tahun sudah divaksinasi penuh, tetapi puluhan juta kasus baru telah dilaporkan.

"Jika seseorang yang datang tidak divaksinasi, mereka harus memberikan bukti yang dapat diterima bahwa mereka tidak dapat divaksinasi karena alasan medis untuk dapat mengakses pengaturan perjalanan yang sama dengan pelancong yang divaksinasi penuh," kata Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews.

"Petugas Perbatasan Australia akan terus memastikan bahwa mereka yang tiba di perbatasan kami mematuhi persyaratan ketat kami. Tidak ada individu yang bertarung di Australia Terbuka akan diberikan perlakuan khusus," lanjut Karen Andrews.

Craig Tiley, Kepala Eksekutif Tennis Australia, mengatakan Djokovic diberikan pengecualian berdasarkan pedoman dari Australian Technical Advisory Group on Immunization. Tiley juga menyerahkan kepada Djokovic untuk memutuskan apakah dia ingin menjelaskan alasannya tidak disuntik atau tidak.

Djokovic adalah salah satu dari tiga petenis dunia yang memenangkan 20 gelar Grand Slam, bersama dengan Rafael Nadal dan Roger Federer. Dia memenangkan Australia Terbuka sembilan kali dan merupakan juara bertahan tahun ini. Turnamen ini berlangsung pada 17-30 Januari di Melbourne Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.