Inggris Raya Diterjang Badai Arwen, Sedikitnya 3 Orang Tewas

Sedikitnya tiga orang tewas ketika Badai Arwen menerjang wilayah Inggris Raya termkasuk Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

M. Syahran W. Lubis

28 Nov 2021 - 00.53
A-
A+
Inggris Raya Diterjang Badai Arwen, Sedikitnya 3 Orang Tewas

Sebuah bus terguling diterjang Badai Arwen./BBC

Bisnis, JAKARTA – Sedikitnya tiga orang tewas setelah Badai Arwen melanda Inggris Raya yang disertai dengan angin kencang, hujan, dan salju, ungkap BBC pada Sabtu (27/11/2021) tengah malam WIB.

Pada Jumat (26/11/2021) seorang kepala sekolah meninggal setelah sebuah pohon tumbang menimpa mobilnya di Antrim dan seorang pria lainnya juga meninggal setelah tertimpa pohon yang tumbang di Cumbria. Orang ketiga meninggal di Aberdeenshire, tetapi belum ada perincian lebih lanjut yang dirilis.

Embusan angin mencapai kecepatan 157 km per jam di Northumberland, dan sekitar 120 truk terjebak salju di M62. Ada peringatan lebih lanjut untuk angin, salju, dan es di seluruh Inggris pada hari Sabtu.

Di Skotlandia, lebih dari 100.000 orang kehilangan listrik. Peringatan merah langka untuk angin telah dikeluarkan oleh Kantor Meteorologi di pantai timur Skotlandia dan timur laut Inggris, dengan kecepatan tertinggi 157 km per jam tercatat di Brizlee Wood di Northumberland.

Embusan angin semalam memengaruhi "sebagian besar Inggris", kata Kantor Meteorologi, dengan bangunan rusak dan pohon-pohon tumbang.

Pria yang tewas saat pohon tumbang menimpa mobilnya di Irlandia Utara itu disebut-sebut sebagai Francis Lagan, kepala sekolah St. Mary's Primary School di Maghera.

Polisi di Cumbria mengatakan seorang pria dari Lancaster tewas setelah sebatang pohon tumbang menimpanya di Ambleside.

Di Llanelli, Carmarthenshire, angin kencang merobek atap tempat perlindungan hewan, menyebabkan kematian seekor anak anjing yang baru lahir.

London North Eastern Railway menyarankan pelanggan untuk tidak melakukan perjalanan ke utara York pada Sabtu atau Minggu, dengan mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengangkut penumpang antara Newcastle dan Edinburgh karena kerusakan signifikan jaringan kereta.

ScotRail juga menarik layanan antara Aberdeen, Perth, dan Inverness dan ada gangguan di jalur lain. Hujan es turun di beberapa bagian Skotlandia dan Inggris bagian utara dengan beberapa salju tebal terjadi di tempat yang lebih tinggi.

Bagian dari M62 di dekat Rochdale antara persimpangan 21 dan 22 ditutup, dengan 120 truk terjebak di salju.

Lebih dari 100.000 rumah di Skotlandia kehilangan listrik dalam badai, dengan Jaringan Listrik Skotlandia dan Selatan mengatakan listrik telah dipulihkan menjadi 40.000 pada pk. 09:30 pada Sabtu waktu setempat.

Northern Powergrid melaporkan pemadaman untuk 55.000 pelanggan di timur laut Inggris, terutama di Northumberland, dan County Durham, sementara 88.000 pelanggan di Midlands, Cheshire, Merseyside, Wales, dan Inggris baratdaya masih padam pada tengah hari pada Sabtu (malam WIB). Pemadaman juga terjadi di Irlandia Utara.

Di Wales, acara TV realitas I'm a Celebrity Get Me Out of Here terpaksa meninggalkan pertunjukan langsungnya dan menyiarkan rekaman prarekaman sebagai tindakan pencegahan karena Badai Arwen.

ITV mengatakan pembawa acara Ant dan Dec merekam tautan mereka sebelum transmisi, sementara para selebriti tetap aman di dalam kastil.

Di County Durham, atap gedung klub di Chester-le-Street Town FC terlepas, mendarat di lapangan tim divisi dua Liga Utara Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.