Free

Investigasi KAI: Tabrakan LRT Jabodebek karena Kelalaian Manusia

Sebuah video tabrakan LRT viral di media sosial. Tabrakan LRT itu terjadi di ruas Munjul Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).

Rahmi Yati

27 Okt 2021 - 16.23
A-
A+
Investigasi KAI: Tabrakan LRT Jabodebek karena Kelalaian Manusia

Warganet menggunggah gambar LRT yang kecelakaan di Instagram. - @julianaadev

Bisnis, JAKARTA — PT Industri Kereta Api masih menunggu hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait dengan kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).

"Kami belum mendapatkan hasil dari KNKT," kata Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT Inka (Persero) Bambang Ramadhiarto kepada Bisnis, Rabu (27/10/2021).

Meski begitu, Bambang mengaku pihaknya telah melakukan investigasi secara internal di lokasi untuk mengetahui penyebab tabrakan LRT. Dari investigasi tersebut, sementara diduga insiden tabrakan yang melibatkan dua rangkaian yakni trainset No. 29 dan 20 terjadi karena adanya kelalaian manusia (human error).

Pada saat pengujian, lanjutnya, seluruh fungsi sarana LRT trainset No. 29 di lintasan LRT dekat Harjamukti Cibubur dalam kondisi baik. Operator yang melakukan uji gerak (dinamis) LRT diduga tidak segera menjalankan fungsi pengereman ketika menata trainset No. 29 menuju posisi stabling/parkir.

“Kejadian ini menurut kami merupakan kecelakaan kerja pada saat proses uji gerak [dinamis] LRT di lintasannya. Uji dinamis sendiri merupakan kelanjutan dari proses produksi LRT yang dilakukan oleh PT Inka sebagai pabrikannya di Madiun," terang Bambang.

Lebih lanjut mengenai rangkaian yang rusak, dia segera mengirimkannya ke kantor Inka di Madiun untuk dilakukan perbaikan sebab kerusakan sarana LRT Jabodebek akibat kecelakaan kerja tersebut masih merupakan bagian dari proses produksi.

"Rangkaian secepatnya akan dibawa ke Madiun. Kita akan melakukan investigasi detil mana saja yang rusak lalu kita lakukan perbaikan sesuai kerusakan/mengganti komponen baru. Setelah diperbaiki akan dilakukan pengujian ulang sesuai prosedur yang ada," ucapnya.

Sebelumnya, sebuah video tabrakan LRT viral di media sosial. Tabrakan LRT itu terjadi di ruas Munjul Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Video itu direkam salah seorang warga yang kemudian diunggah akun Instagram Lensa Berita Jakarta, @lensa_berita_jakarta.

"Tabrakan LRT Cibubur di ruas Munjul Jakarta Timur siang tadi, Senin, 25/10/2021. Belum diketahui pasti kronologi kejadian tersebut," tulis akun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.