Free

Makanan Khas Hong Kong, 4 Menu Ini Hadir di Musim Dingin

Untuk musim dingin, menu Claypot Rice dan Hot Pot bisa menjadi pilihan. Keduanya menjadi santapan yang cocok untuk menghangatkan badan.

Luke Andaresta & Roni Yunianto

14 Des 2021 - 17.57
A-
A+
Makanan Khas Hong Kong, 4 Menu Ini Hadir di Musim Dingin

Ilustrasi - Hidangan kuliner ala Canton untuk menemani musim dingin di Hong Kong./Hong Kong Tourism Board

Bisnis, JAKARTA - Sebagai negara dengan kuliner ala Canton yang khas, Hong Kong memiliki kuliner yang berbeda di setiap musimnya. Untuk musim dingin, menu Claypot Rice dan Hot Pot bisa menjadi pilihan.

Claypot Rice adalah makanan tradisional yang kerap ditemui di China Selatan dan Asia Tenggara. Menu ini menyajikan nasi di dalam pot tanah liat yang diberi lauk seperti daging ayam dan bumbu khas.

Sementara itu, Hot Pot adalah sajian menu populer di Tiongkok berupa sup hangat dalam mangkuk. Umumnya, Hot Pot berisikan kuah kaldu, sayur, dan daging. Menu ini sangat cocok disantap di musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

Brikut rekomendasi 4 restoran yang menyajikan Clay Pot Rice dan Hot Pot di Hong Kong, seperti dikutip dari Hong Kong Tourism Board.

Claypot Rice

1. Kwan Kee

Kwan Kee adalah restoran ikonik Hong Kong yang terkenal dengan nasi Claypot-nya. Restoran ini terkenal berkat rekomendasi barisan pecinta kuliner. Mereka merekomendasikan menu ini disantap pada malam yang dingin.

Restoran yang ramai dan terang  ini menyajikan semangkuk nasi di mangkuk tanah liat yang dimasak di atas api arang asli, dengan tambahan topping seperti daging iga, kacang hitam, sosis, telur, atau belut putih.

2. Chop Chop

Restoran khusus daging panggang Chop Chop menawarkan delapan jenis nasi Claypot, termasuk daging sapi cincang dengan telur, ayam dengan ubi Cina dan jamur shitake, dan daging babi cincang dengan ikan asin dan kacang kastanye.

Salah satu menu andalan restoran ini adalah daging segar yang diasinkan menggunakan anggur mawar China yang dipanggang dalam suhu rendah hingga terkaramelisasi. Hasilnya, tersaji hidangan dengan sensasi daging bertekstur hangus ringan di luar, lembut dan juicy di dalamnya.

Ilustrasi/hongkong tourism board

3. Yung Kee

Hidangan Natal klasik Hong Kong seperti angsa panggang menawarkan kelezatan yang menggoda. Dinikmati bersama orang-orang tercinta akan menambah sensasi nikmat pada hidangan ini. Jika selama ini Anda menyukai angsa panggang ala Barat, ini saatnya mencicipi angsa panggang versi Kanton.

Yung Kee adalah salah satu restoran paling ikonik di Hong Kong yang berdiri sejak tahun 1938. Setelah menjalani renovasi signifikan tahun ini, interiornya diubah, tetapi hidangan angsa panggang khas mereka tetap sama.

Perpaduan sempurna lemak murni, daging lembut, dan kulit renyah dihasilkan dari cara memasak yang khas. Angsa pertama-tama diasapi, kemudian dipanggang dalam oven yang menggunakan arang asli untuk mempertahankan rasa khasnya. Sajian ini semakin sempurna saat disajikan dengan saus plum asam.

Hotpot

3. Drunken Pot

Restoran hotpot dengan nuansa klub malam, The Drunken Pot, menjadi tempat favorit anak muda dan penggemar hotpot. Dikenal karena penyajiannya yang spesial dengan interior kekinian, restoran ini menyediakan pilihan hingga lima jenis sup dalam satu pot. Restoran hotpot modern yang segar ini telah membuat generasi baru menemukan kembali hiburan klasik Kanton.

4. Yi Hung Yuen

Terletak di pusat Lan Kwai Fong, Yi Hung Yuen bisa menjadi pilihan para pengunjung  yang mencari tempat instagramanle dengan nuansa moody bordello. Salah satu keunikan dari interior restoran ini adalah dilengkapi lampu neon yang dramatis, terinspirasi dari novel klasik Tiongkok Dream of the Red Chamber. Restoran ini menawarkan berbagai menu hotpot dan cocktail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.