Mang Oded Wali Kota Bandung Meninggal, Ridwan Kamil Berduka

Ridwan Kamil alias Kang Emil memang mengenal baik Oded M Danial karena lima tahun lamanya ditemani almarhum kala memimpin Kota Bandung. Saat itu Kang Emil jadi wali kota Bandung, dan Mang Oded wakil wali kota.

Redaksi

10 Des 2021 - 15.30
A-
A+
Mang Oded Wali Kota Bandung Meninggal, Ridwan Kamil Berduka

Jenazah Wali Kota Bandung Mang Oded saat disalatkan di Pendopo Kota Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis, BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia hari ini. Kepergiannya meninggalnya duka bagi keluarga dan orang-orang yang mengenalnya. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak kuasa menahan isak saat memberikan pernyataan ketika Wali Kota Bandung yang dikenal dengan nama Mang Oded disalatkan.

Kang Emil, begitu sapaan Ridwan Kamil, ikut menyalatkan almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung.

Kang Emil menyatakan dirinya bersaksi bahwa almarhum Oded adalah orang yang baik, saleh dan bemrakhlak sangat mulia.

"Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Barat, masyarakat Kota Bandung, Masyarakat Jawa Barat kita sangat kehilangan, saya bersaksi, Almarhum adalah orang yang baik, saleh, berakhlaq sangat mulia," kata Kang Emil sambil terisak, Jumat (10/12/2021).

Kang Emil memang mengenal baik Oded M Danial karena lima tahun lamanya ditemani almarhum kala memimpin Kota Bandung. Saat itu Kang Emil jadi wali kota Bandung, dan Mang Oded wakil wali kota.

"Saya bersaksi kepada Allah, mudah-mudahan kesaksian kami, doa, salat kami menerangi terang kubur almarhum, diampuni segala khilaf dan dosanya, diterima ibadah iman islamnya, jadikan lah Mang Oded khusnul khotimah," jelasnya.

Kang Emil juga mendoakan istri dan anak-anak almarhum Mang Oded agar diberi kekuatan dan kesabaran.

"Teriring doa untuk kelu arga, Umi (istri) Oded dan anak-anak yang ditinggalkan, semoga diberi kekuatan, kesabaran dalam ujian kehidupan, mudah-mudahan segala urusan dilancarkan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Rumah Sakit Muhammadiyah Kautsar Boesoiri mengungkapkan kondisi Wali Kota Bandung Oded M Danial saat dibawa ambulans ke rumah sakit (RS).

Mang Oded dinyatakan meninggal dunia, Jumat (10/12/2021). Hasil diagnosa, menurut Kautsar Boesoiri, Mang Oded terindikasi terkena serangan jantung.

Almarhum terkena serangan jantung hingga kolaps pada saat kegiatan salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.

"Beliau datang kemari dari Mujahidin menggunakan ambulans dan sudah terpasang oksigen itu pukul 11.45 dan langsung masuk UGD," kata Kautsar di RS Muhammadiyah, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/12/2021).

Saat masuk ke UGD, kata Kautsar, kondisi tubuh Mang Oded sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia. "Diperiksa nadinya sudah tidak teraba, dan pupilnya sudah melebar, itu adalah tanda tanda beliau tidak ada. Kalau mendadak gitu kemungkinan jantung," katanya.

Meski terindikasi sudah meninggal dunia, dia memastikan tim medis RS Muhammadyah tetap berusaha maksimal dengan resusitasi Jantung Paru. Namun. dalam kurun waktu 10 menit tetap tidak menunjukkan perkembangan.

"Walaupun sudah ada tanda tidak ada tetap kita lakukan usaha mengharapkan mujizat Allah. Tapi takdir Allah lain, dinyatakan tidak ada pukul 11.55 WIB," katanya, seperti dikutip Antara. (Dea Andriyawan, Ajijah, Nancy Junita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.