Menlu AS dan Petinggi Rusia Temui Presiden Jokowi, Ini Hasilnya

Pejabat tinggi dari Amerika Serikat, Menlu Antoni J. Blinken diterima lebih dahulu oleh Presiden Jokowi. Setelah itu, giliran Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolai Patrushev.

Saeno

13 Des 2021 - 21.59
A-
A+
Menlu AS dan Petinggi Rusia Temui Presiden Jokowi, Ini Hasilnya

Presiden Jokowi saat menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony J. Blinken, di Istana Merdeka, Senin (13/12/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden-Lukas

Bisnis, JAKARTA - Hari ini, Senin (13/12/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dua pejabat tinggi dari Amerika Serikat dan Rusia. Pejabat tinggi dari Amerika Serikat, Menlu Antoni J. Blinken diterima lebih dahulu oleh Presiden Jokowi. Setelah itu, giliran Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjelaskan saat menerima Blinken, Presiden Jokowi menjelaskan tentang prioritas Indonesia pada keketuaan di G20.

Terkait hubungan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan harapan AS menjadi salah satu mitra Indonesia termasuk di bidang investasi.

Presiden Jokowi menyampaikan keinginan Indonesia untuk dapat menjadi bagian dari rantai pasok global kesehatan.

"Presiden juga menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS dan dukungan lain selama pandemi," ujar Menlu Retno.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat dan terbuka, Blinken menyampaikan komitmen AS untuk memperkuat kemitraan dengan Indonesia, termasuk di bidang ekonomi juga investasi infrastruktur.

Menlu Retno juga menyinggung soal pertemuan negara-negara G7 dan Asean. Pertemuan yang pertama kali antara G7 dan Asean itu salah satunya membahas komitmen negara-negara G7 dalam meningkatkan investasi infrastruktur, termasuk mobilisasi partisipasi sektor swasta.

Retno melanjutkan, dalam pertemua antara Blinken dan Presiden Jokowi, AS menyambut rencana partisipasi Indonesia dalam supply chain kesehatan. Blinken juga menyampaikan dukungan AS pada keketuaan Indonesia di G20.

Besok (14/12/2021) Menlu AS Antony Blinken akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi. Ini merupakan pertemuan bilaterak kedua antara Blinken dan Retno pada 2021.

Nikolai Petrushev

Presiden Jokowi saat menerima Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolai P. Patrushev, di Istana Merdeka, 13 Desember 2021./Biro Pers Sekretariat Presiden-Lukas

Setelah menerima Menlu AS Antony Blinken, Presiden Jokowi menerima Sekretaris Dewan Keamanan Federal Rusia Nikolai Patrushev.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi juga menyampaikan prioritas Indoneisa dalam  keketuaan di G20. Presiden Jokowi juga mengharapkan dukungan Rusia.

Pada kesempatan yang sama Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pada 2023 Indonesia memegang keketuaan Asean. Presiden mengharapkan kerja sama Rusia selama keketuaan Indonesia di Asean.

Besok, Patrushev akan bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Mereka akan menandatangani kesepakan kerja sama (MoU) di bidang keamanan informasi nternasional.

Menlu Retno menegaskan bahwa AS dan Rusia adalah dua mitra baik Indonesia.

"Indones akan terus mengembangkan strategic trust dengan semua negara, semua mitra Indonesia," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno menegaskan bahwa strategic trust sangat penting sebagai pondasi untuk membangun kerja sama saling menguntungkan dan menghormati.

"Strategic trust  juga penting untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera. Indonesia memiliki komitmen sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang stabil, damai, dan sejahtera," tandas Menlu Retno seperti disampaikan melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.