Presiden Jokowi Coba Lintasan Sirkuit Mandalika Pakai Motor RI1

Dengan motor pribadinya yang bertuliskan RI1 Jokowi menjajal lintasan Sirkuit Mandalika yang .akan diresmikannya sebelum jadi ajang balap WSBK dan Moto GP.

Aprianus Doni Tolok

12 Nov 2021 - 13.59
A-
A+
Presiden Jokowi Coba Lintasan Sirkuit Mandalika Pakai Motor RI1

Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika, 12 November 2021./Youtube-Sekretariat Presiden

Bisnis, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal lintasan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, menggunakan motor pribadinya bertuliskan RI1 pada Jumat (12/11). Kegiatan Jokowi menjajal lintasan ini merupakan bagian dari rangkaian peresmian Sirkuit Mandalika.

Hari ini, Presiden Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk ajang balapan World Superbike (WSBK) dan Moto GP.

Dalam video berdurasi 59 detik yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak mengenakan baju dan celana panjang berwarna hitam. Usai mengenakan helm, Jokowi bersiap di garis start dengan menunggangi motor berwarna hijau.

Setelah diberi aba-aba hitungan, Jokowi langsung melaju di sirkuit sepanjang 4,32 kilometer tersebut ditemani sejumlah motor lainnya.

Dalam video tersebut tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengayunkan bendera sebagai tanda Presiden mulai menjajal aspal sirkuit Mandalika.

Dikutip dari Antara, motor yang dipakai Jokowi untuk menjajal lintasan Sirkuit Mandalika sebelumnya juga dipakainya saat berkeliling dalam kunjungan kerja ke Desa Pa'Api, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Motor bergaya bobber ini memiliki dasar dari Kawasaki W175. Motorcustom W175 milik Jokowi memiliki roda-roda yang lebih besar dari standar yang menegaskan motor itu berjenis bobber style.

Motor custom Jokowi hasil karya Katros Gargae ini dibekali mesin 177cc, satu silinder karburator yang menghasilkan tenaga 9,6 kW pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi mencapai 13,2 Nm pada rentang 6.000.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (12/11/2021) Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi NTB sekitar pukul 06.30 WIB.

Presiden beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah, Presiden langsung menuju Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika dan menyimak penjelasan panel sirkuit tersebut.

"Presiden juga diagendakan untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika," demikian keterangan BPMI Setpres, Jumat (12/11/2021).

Informasi bahwa Presiden Jokowi akan menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika sebelumnya disampaikan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Melalui unggahan video di akun Instagramnya, Zulkieflimansyah menyampaikan bahwa motor balap milik Presiden Jokowi telah tiba di Mandalika.

"Pak Jokowi pun tak sabar lagi utk menjajal sirkuit Mandalika besok sore...," ujar Zulkieflimansyah, Kamis (11/11/2021).

Dalam video itu tampak motor custom berwarna hijau bertuliskan RI 1 diturunkan dari pesawat dan langsung dibawa menggunakan truk towing menuju sirkuit.

Motor custom Presiden Jokowi/youtube-setpres 

Dilansir Antara, Motor tersebut menemani orang nomor satu di Indonesia itu berkeliling dalam kunjungan kerja ke Desa Pa'Api, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengendarai motor bergaya chopper dengan basis dari Royal Enfield Bullet 350 besutan Elders Garage dan Kickass Choppers.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMMI) Bambang Soesatyo pada Jumat (22/10/2021) mengatakan Presiden Jokowi seharusnya melakukan uji coba beberapa hari lalu, namun harus ditunda karena ada sejumlah kegiatan kenegaraan. (Fitri Sartina Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.