Viking Menetap di Amerika Mulai 1021, Jauh Sebelum Columbus

Satu penelitian mengungkapkan bahwa bangsa Viking telah tiba di Amerika Utara pada tahun 1021 atau tepat 1.000 tahun lalu. Mereka datang dan membangun permukiman jauh sebelum Christopher Columbus tiba pada 1492.

M. Syahran W. Lubis

21 Okt 2021 - 23.26
A-
A+
Viking Menetap di Amerika Mulai 1021, Jauh Sebelum Columbus

Replika rumah Viking dan barang-barang lainnya di L'Anse aux Meadows, sebuah situs warisan dunia Unesco di Newfoundland, Kanada. — BBC

Bisnis, JAKARTA – Bangsa Viking memiliki permukiman di Amerika Utara tepat 1.000 tahun lalu, berabad-abad sebelum Christopher Columbus tiba di Amerika, ungkap satu penelitian.

Para ilmuwan mengatakan teknik penanggalan baru dengan menganalisis cincin pohon memberikan bukti bahwa Viking menduduki sebuah situs di Newfoundland, Kanada, pada tahun 1021.

Sudah lama diketahui bahwa orang Eropa mencapai benua Amerika sebelum kedatangan Columbus di Dunia Baru pada 1492. Namun, ini adalah pertama kalinya para peneliti menyebutkan angka tahun yang tepat.

Menulis di jurnal Nature, yang dikutip BBC pada Kamis (21/10/2021), para ilmuwan mengatakan mereka menganalisis lingkaran pohon dari tiga potong kayu yang dipotong untuk permukiman Norse di L'Anse aux Meadows.

Dengan menggunakan sinyal radiokarbon atmosfer yang dihasilkan oleh badai matahari tertanggal sebagai referensi, mereka dapat menyematkan "tahun penebangan pohon yang tepat" menjadi tahun 1021.

Badai matahari seperti itu—ledakan besar radiasi dari Matahari yang menghantam Bumi—diketahui terjadi pada tahun 992, kata para ilmuwan, memungkinkan mereka menentukan tanggal yang lebih akurat dari perkiraan sebelumnya sekitar tahun 1000.

"Asosiasi potongan-potongan ini dengan Norse didasarkan pada penelitian terperinci yang sebelumnya dilakukan oleh Parks Canada," kata studi tersebut, menambahkan bahwa ada bukti jelas bahwa sampel kayu telah dimodifikasi dengan peralatan logam.

Studi itu menambahkan bahwa kamp L'Anse aux Meadows adalah basis dari mana lokasi lain, termasuk daerah lebih jauh ke selatan, dieksplorasi.

Para penulis mengatakan penemuan tersebut merupakan titik definitif untuk penelitian masa depan tentang konsekuensi awal dari aktivitas trans-Atlantik, seperti transfer pengetahuan dan potensi pertukaran informasi genetik dan patologi.

Dr Colleen Batey, spesialis Viking yang terkait dengan Institute for Northern Studies di Skotlandia, mengatakan permukiman berumur pendek itu aktif sekitar tahun 1021 ketika kayu sedang dikerjakan di lokasi, mungkin terkait dengan perbaikan bangunan atau kapal.

"Sebagai arkeolog, saya mungkin menafsirkan ini sebagai satu tahap aktivitas pendudukan, tidak harus yang pertama atau bahkan yang terakhir," kata Batey.

L'Anse aux Meadows, situs warisan dunia United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di ujung paling utara Pulau Newfoundland, adalah situs pertama dan satu-satunya yang diketahui didirikan oleh Viking di Amerika Utara dan bukti awal permukiman Eropa di Dunia Baru.

Penanggalan radiokarbon adalah teknik yang mengukur konsentrasi residu dari isotop radioaktif karbon (karbon-14) yang ada dalam suatu objek. Karbon-14 meluruh dari waktu ke waktu dan mengukur berapa banyak yang tersisa memberi tahu Anda usia sampel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.