Bosan Kerja dari Rumah? Coba Sejumlah Tips Berikut

Selain mempercantik dekorasi area kerja, menaruh tanaman di dalam ruangan juga  bermanfaat bagi kesehatan, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi stres.  

Rustam Agus
12 Jul 2021 - 13.41
A-
A+
Bosan Kerja dari Rumah? Coba Sejumlah Tips Berikut

Bisnis, JAKARTA – Penerapan kebijakan PPKM Darurat seolah memaksa semua orang untuk melupakan bekerja di kantor dan harus terus berdamai dengan situasi pandemi untuk hanya bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Bagi pegawai yang memang tidak bekerja di sektor esensial dan kritikal harus memendam rindu makin panjang meski hanya sekedar melihat kantor dari kejauhan.

Bekerja dari rumah, meskipun sudah menjadi kebiasaan baru hampir sekitar 1,5  tahun ini, tentu menimbulkan rasa bosan dan jenuh. 

Untuk tetap bisa menikmati dan merasakan keseruan bekerja dari rumah, berikut adalah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa menjadi referensi dari LiniPoin. 

1. Atur Area Kerja dengan Nuansa Alam
Siapa yang enggak setuju kalau melihat tanaman bisa membuat kita merasa lebih rileks dan segar? Apalagi setelah menjalani keseharian yang lebih banyak dihabiskan di depan laptop atau komputer. 

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman di meja kerja ataupun sudut ruangan.

Beberapa tanaman yang bisa menjadi referensi seperti tanaman ivy (Hedera helix), kaktus, lidah mertua, atau tanaman hijau lainnya. Jenis -jenis tanaman ini sangat mudah dirawat. 

Selain mempercantik dekorasi area kerja, menaruh tanaman di dalam ruangan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti misalnya memperbaiki kualitas udara, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi stres.  



2. Dorong mood dan semangat lewat musik di radio
Tidak seperti jika WFO yang semangatnya “dipaksa” untuk keluar karena harus menempuh perjalanan ke kantor, biasanya mood dan semangat ini membutuhkan usaha lebih besar untuk “dipaksa” jika bekerja di rumah. 

Apalagi ditambah dengan adanya distraksi dari keluarga, lingkungan rumah, ataupun hal lainnya. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa merangsangnya lewat mendengarkan musik di radio.

Selain pilihan musik yang sudah dikurasi khusus untuk menemani aktivitas pagi para pendengar, Anda juga bisa mendengarkan celotehan ringan para penyiar radio yang kadang mengundang gelak tawa. 

3. Segarkan pikiran lewat games dan kuis seru 
Setelah berjam-jam berkutat dengan dokumen dan meeting virtual bersama klien, Anda bisa sedikit refresh dengan bermain game ringan. 

Cara lainnya dengan menjawab kuis ringan seputar informasi ringan yang sedang hangat dibicarakan dan bersifat menghibur seperti misalnya judul lagu baru penyanyi pop Indonesia, asal lagu daerah, dan lain sebagainya.

4. Coba olahraga ringan di tengah padatnya aktivitas 
Selain banyak konsumsi air putih, berolahraga ringan juga sangat dianjurkan ketika Anda banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja. 



Beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan seperti misalnya menengokkan kepala ke kiri dan kanan secara bergantian, melakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan.

Lalu merentangkan kedua tangan dan menahannya beberapa detik, serta menekuk leher ke samping dan letakkan telinga kiri ke bahu kiri dan sebaliknya.

5. Jangan lupa untuk update dengan berita terbaru 
Melakukan kegiatan di rumah bukan berarti jadi kudet alias kurang update.

Di tengah kondisi yang terjadi, penting bagi kita untuk selalu update dengan informasi-informasi yang terjadi di sekitar, mulai dari update kasus Covid-19, kebijakan pemerintah, hiburan sampai berita selebriti. (Yudi Supriyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.