Covid-19 Eropa, Maret 2022 Kematian Diprediksi 2,2 Juta Lebih

Sejauh ini WHO menyebutkan kematian yang dilaporkan telah meningkat menjadi hampir 4.200 per hari. Angka tersebut dua kali lipat dari jumlah yang tercatat pada bulan September. Sementara itu, kematian kumulatif yang dilaporkan di wilayah tersebut, termasuk Inggris, telah melampaui 1,5 juta.

John Andhi Oktaveri

24 Nov 2021 - 10.51
A-
A+
Covid-19 Eropa,  Maret 2022 Kematian Diprediksi 2,2 Juta Lebih

Bendera Uni Eropa/Reuters

Bisnis, JAKARTA - Angka kematian terkait infeksi Covid-19 di Eropa hingga awal kuartal pertama 2022 diprediksi melampaui 2,2 juta orang.

Sejauh ini WHO menyebutkan kematian yang dilaporkan telah meningkat menjadi hampir 4.200 per hari. Angka tersebut dua kali lipat dari jumlah yang tercatat pada bulan September.

Sementara itu, kematian kumulatif yang dilaporkan di wilayah tersebut, termasuk Inggris, telah melampaui 1,5 juta.

Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkan apa yang telah terjadi saat ini situasinya "sangat serius", WHO memperkirakan terjadi "tekanan tinggi atau ekstrem" di rumah sakit karena kekurangan tempat tidur di 25 dari 53 negara di kawasan itu. Unit perawatan intensif di 49 negara akan mengalami tekanan yang sama.

Baca Juga: Covid di Eropa Mengganas, Austria Lockdown Belgia Ricuh

Dari tren kenaikan kasus Covid-19 saat ini, WHO memprediksi jumlah kematian kumulatif di kawasan itu akan melampaui 2,2 juta pada 1 Maret 2022. Austria minggu ini menjadi negara Eropa barat pertama yang kembali menerapkan penguncian (lockdown) sejak inokulasi dimulai awal tahun ini.

Peningkatan kasus didorong oleh varian delta yang sangat menular yang sekarang dominan di seluruh wilayah, menurut WHO seperti dikutip TheGuardian.com, Rabu (24/11/2021).

WHO mengungkapkan sebagian masyarakat masih ragu dengan vaksinasi, pelonggaran juga menjadi salah satu penyebab meluasnya kembali paparan Covid-19.

Semakin banyaknya orang berkumpul di ruangan dalam cuaca akhir musim gugur yang lebih dingin dan tingkat vaksinasi rendah, kemanjuran vaksin terhadap bentuk penyakit yang parah pun berkurang. Mereka rentan terhadap virus, menurut WHO.

"Penting bagi semua negara untuk mengadopsi pendekatan vaksin plus. Hal itu menunjukkan dosis standar vaksin saja tidak cukup sehingga perlu booster," kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge dikutip dari TheGuardian, Rabu (24/11/2021).

Terkait angka kematian di Eropa dan sebagian Asia, WHO menyebutkan 700.000 orang lagi terancam meninggal karena Covid-19 hingga Maret 2022.

Korban tewas sudah melebihi 1,5 juta di 53 negara yang disebut WHO sebagai wilayah Eropa. WHO memperingatkan "stres tinggi atau ekstrem" di unit perawatan intensif di 49 negara pada Maret 2022.

Dalam penilaiannya, WHO memperingatkan Covid sebagai penyebab kematian tertinggi di kawasan Eropa.

"Kematian kumulatif yang dilaporkan diproyeksikan mencapai lebih dari 2,2 juta pada musim semi tahun depan, berdasarkan tren saat ini," kata WHO sebagaimana dilansir BBC, Rabu (24/11/2021) pagi WIB.

Kematian terkait Covid yang dikonfirmasi baru-baru ini berlipat ganda menjadi hampir 4.200 sehari, tambah WHO. Di Rusia saja, jumlah kematian harian baru-baru ini mencapai 1.200.

Baca Juga: Belajar dari Covid Eropa, Waspadai Varian Delta!

Menurut WHO, tingginya jumlah orang yang tidak divaksinasi dan prevalensi varian delta di beberapa negara merupakan faktor kunci di balik tingkat penularan yang tinggi di kawasan Eropa.

Direktur WHO Eropa Hans Kluge mendesak mereka yang belum divaksinasi untuk mendapatkan suntikan.

"Kita semua memiliki kesempatan dan tanggung jawab untuk membantu mencegah tragedi yang tidak perlu dan hilangnya nyawa, dan membatasi gangguan lebih lanjut terhadap masyarakat dan bisnis selama musim dingin ini," katanya.

Selain negara-negara Eropa, WHO juga menganggap Israel dan negara-negara bekas Soviet seperti Tajikistan dan Uzbekistan—yang sebenarnya secara geografis masuk Asia—sebagai wilayah Benua Biru. (Fitri Sartina Dewi, M. Syahran W. Lubis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.