Daftar Jalan Tol Gratis Saat Libur Nataru 2022

Untuk memperlancar lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sejumlah ruas jalan tol secara fungsional. Jalan tol yang dibuka secara fungsional ini merupakan jalan tol yang telah sudah selesai dikontruksi, namun belum dioperasikan.

Yanita Petriella

15 Des 2022 - 14.47
A-
A+
Daftar Jalan Tol Gratis Saat Libur Nataru 2022

ilustrasi gerbang jalan tol

Bisnis, JAKARTA – Untuk memperlancar lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sejumlah ruas jalan tol secara fungsional. Jalan tol yang dibuka secara fungsional ini merupakan jalan tol yang telah sudah selesai dikontruksi, namun belum dioperasikan.

Untuk melintasi jalan tol fungsional ini pengendara tak dikenakan biaya alias gratis. Namun demikian, meski gratis, pengendara perlu melakukan tapping kartu elektronik. 

Adapun terdapat 8 ruas jalan tol yang jalan tol gratis selama libur Nataru yakni Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km, Tol Semarang – Demak Seksi 2 Sayung – Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini konstruksinya mencapai 99,2 persen.

Baca Juga: Sederet Daftar Jalan Tol Dibuka Fungsional Pada Momen Nataru



Lalu, Tol Jakarta – Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang – Kutanegara memiliki panjang 8,5 km. Menjelang Nataru, main road Tol Sadang-Kutanegara ini siap dibuka secara fungsional melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur. 

Kemudian ruas Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang – Kutobaru sepanjang 7,3 km akan dibuka secara fungsional selama libur Nataru. Selain Seksi 5, ada pula Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 6 Kutobaru – Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Adapun main road kedua ruas tol di Aceh ini, ditargetkan akan selesai pada minggu ketiga Desember 2022. 

Selanjutnya, Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjnag 7,45 km telah dilakukan uji laik fungsi pada Oktober 2022 dan siap dibuka secara fungsional guna mendukung arus lalu lintas Nataru.

Lalu juga terdapat Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3A Kukusan – Krukut sepanjang 3 km akan menambah daftar ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional pada Nataru mendatang.
 
Kemudian, ruas Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km, terpantau masih menyisakan pekerjaan. Pekerjaan tersebut antara lain penyelesaian jembatan Cibadak di Km 15+100-Km 15+360 yang ditargetkan selesai pada 17 Desember 2022 dan di Km 18+675-KM18+925 yang dijadwalkan selesai pada 20 Desember 2022. 

Di Pulau Sumatra, ruas tol yang akan difungsionalkan yakni Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura sepanjan 20,4 kilometer yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 94,7 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.