Gejala Penyakit Jantung Pada Perempuan, Perhatikan 8 Hal Berikut

Terdapat sejumlah gejala yang perlu diperhatikan sebagai penanda dimulainya serangan jantung. Ada sejumlah penanda yang mengindikasikan seorang perempuan mengalami serangan jantung.

Redaksi

14 Des 2021 - 21.02
A-
A+
Gejala Penyakit Jantung Pada Perempuan, Perhatikan 8 Hal Berikut

Ilustrasi/boldsky.com

Bisnis, JAKARTA - Ancaman serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk kepada kaum wanita. Terdapat sejumlah gejala yang perlu diperhatikan sebagai penanda dimulainya serangan jantung.

Seperti diketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di kalangan wanita. Satu dari setiap tiga wanita meninggal dunia karena serangan penyakit jantung. Banyak wanita berpikir bahwa tanda-tanda khas serangan jantung seperti nyeri pada dada yang terasa seperti berdenyut bahkan sesak napas dapat dengan mudah dikenali.

Namun, ada sejumlah tanda dan gejala lainnya yang patut diwaspadai. Mengutip Medicinenet, Selasa (14/12/2021) berikut tanda dan gejala penyakit jantung yang umum terjadi pada kaum perempuan

1. Nyeri dada 

Nyeri pada dada kerap digambarkan sebagai perasaan tertekan atau penuh di dada, sehingga menimbulkan sensasi yang sangat tidak nyaman.

2. Nyeri di lengan, punggung, leher, atau rahang

Nyeri yang bisa terjadi pada area tersebut akan dialami secara tiba-tiba sehingga bisa membangunkan Anda dari tidur. 

3. Sakit perut

Sakit di bagian perut saat terkena serangan jantung bisa membuat wanita merasa seperti terkena maag, sehingga mereka salah kaprah saat membedakan pertanda sakit jantung dengan maag. Namun, beberapa wanita bisa merasakan tekanan perut yang begitu parah hingga terasa seperti gajah sedang duduk di perutnya karena begitu besarnya tekanan yang dirasakan ketika penyakit jantung merembet ke area perut.

4. Sesak napas

Wanita mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba meski sebelumnya mereka tidak melakukan apa pun, rasa sesak napas yang mereka alami seolah-olah mereka seperti habis lari maraton.

5. Berkeringat

Jika Anda mengeluarkan keringat tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan tidak sedang melakukan aktivitas apa pun. Anda harus curiga dan segeralah untuk mengunjungi dokter agar mengetahui lebih lanjut penyebab keringat tersebut dan memastikan itu bukan penyebab penyakit jantung.

6. Kelelahan 

Merasa sangat lelah, bahkan dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki , bisa menjadi tanda serangan jantung. Wanita berpikir mereka merasa lelah karena stres dari aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan, yang padahal tidak sering terjadi.

7. Nyeri

Muncul nyeri di punggung bagian atas, bahu, lengan, leher, atau rahang. Jika rasa nyeri ini tak kunjung membaik, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar memastikan Anda sedang tidak terkena gejala serangan jantung.

8. Gangguan tidur 

Wanita yang berisiko terkena penyakit jantung, termasuk mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan pada berat badan, mungkin akan mengalami kesulitan untuk tidur yang nyenyak atau berkualitas, yang mungkin merupakan tanda peringatan serangan jantung.

Lantas, apa yang harus dilakukan wanita untuk mencegah terjadinya serangan jantung? Selain harus menjadwalkan kunjungan dengan dokter untuk mengetahui tentang risiko terkena penyakit jantung, tentu anda juga harus mengubah gaya hidup anda agar dapat mencegah serangan jantung seperti,

Berhenti merokok, olahraga teratur agar tetap aktif, menjaga berat badan yang sehat, mengikuti diet sehat, menjaga gula darah agar tetap terkontrol, menjaga tekanan darah tetap terkendali dan menurunkan kolesterol pada tubuh. (Tresia, Novita Sari Simamora)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.