Hati-hati Investasi Kripto di Tengah Lonjakan Harga Dogecoin

Harga Dogecoin terus melonjak seiring dukungan dari Elon Musk. Namun, pendiri Tesla dan SpaceX mewanti-wanti investor untuk tetap bijaksana dalam mengalokasikan dana pada pasar uang digital.

8 Mei 2021 - 20.07
A-
A+
Hati-hati Investasi Kripto di Tengah Lonjakan Harga Dogecoin

Koin digital Degocoin yang melesat 17.430 persen sejak awal tahun ini.

 

 

Bisnis, JAKARTA - Pergerakan uang kripto semakin menarik perhatian banyak orang. Apalagi muncul beragam jenis uang koin digital baru.

Pergerakan uang kripto baru pun diminati banyak investor. Terlihat dari harga yang terus meningkat dan kapitalisasi pasar yang semakin besar.

Bahkan harga koin digital Dogecoin kembali menyentuh level tertinggi baru pada perdagangan Sabtu (8/5/2021). Berdasarkan data Coinmarketcap, harga Dogecoin sempat menembus level US$ 0,7376 atau Rp 10.539 (Rp 14.289/ dolar AS).

Kemudian pada pukul 14.15 WIB, harga koin digital itu di level US$ 0,7012 atau RP 10.019. Nilai tersebut menguat 27,48 persen dari posisi hari sebelumnya.

Sepanjang 2021, Dogecoin sudah meroket 17.430 persen dari kisaran harga US$ 0,004. Adapun volume perdagangan dalam 24 jam terakhir mencapai US$ 27,43 miliar dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 90,45 miliar.

Dengan nilai tersebut, Dogecoin menempati posisi keempat terbesar di bawah Bitcoin, Ethereum, dan Binance Coin. Pergerakan koin digital tersebut bermula dari tweet CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk.

Dalam salah satu cuitannya, Elon Musk menyebut dirinya "Dogefather" menjelang dirinya menjadi pembawa acara Saturday Night Live (SNL). Dogecoin pun melonjak karena banyak pedagang mata uang kripto tidak ingin ketinggalan pergerakan Dogecoin.

"[Mereka] tidak ingin ketinggalan berita apa pun yang berasal dari pembawa acara 'Saturday Night Live' oleh Elon Musk," tulis Edward Moya, analis pasar senior di Oanda dalam catatan pada Rabu (5/5/2021).

Salah satu cuitan Elon Musk mengenai Dogecoin dalam akun Twitter @elonmusk.

 

Selain cuitan tersebut, Musk juga pernah menuliskan "Doge Barking at The Moon" lewat akun Twitternya. Cuitan itu mendapatkan lebih dari 20.400 balasan, 51.800 retweet, dan disukai lebih dari 310.000 kali.

Akibat serangkaian tweet tersebut kerap dianggap mempromosikan Dogecoin. Elon Musk pun menjadi salah satu juara koin digital tersebut yang paling menonjol dan vokal tahu ini.

Beberapa spekulasi bahwa dia dapat melakukan sesuatu untuk mempromosikan Dogecoin. Mengutip dari MarketWatch, CEO Allnodes Konstantin Boyko-Romanovsky mengatakan dukungan dari Elon Musk menjadi pusat terbesar untuk Dogecoin. 

Selain Elon Musk, ada beberapa orang terkenal yang juga mendukung Dogecoin, di antaranya pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban, Snoop Dogg, dan bassis Kiss Gene Simmoms. Lonjakan harga juga dipengaruhi oleh plaftorm perdagangan eToro telah menyediakan Dogecoin untuk dipergadangkan.

 

Ilustrasi, uang digital yang diperdagangkan dalam pasar kripto.

Nasihat Elon Musk untuk Investor Uang Kripto

Awalnya Dogecoin diciptakan sebagai lelucon pada 2013 oleh Jakson Palmer dan Billy Markus. Jakson Palmer kala itu hendak menyindir kehebohan uang kripto.

Namun, Dogecoin malah mendapatkan respon positif. Sehingga Jakson Palmer membeli domain dogecoin.com.

Selain itu, mata uang kripto ini terkenal karena memiliki logo unik, yaitu anjing ras Jepang Shiba Inu. Ras anjing itu sempat menjadi meme populer pada 2013. Anjing tersebut dijadikan maskot karena dianggap mewakili parodi yang ingin dimunculkan pada Dogecoin.

Musk pun menyebut pergerakan harga Dogecoin sebagai ironi. Pasalnya koin digital itu hanya sebagai mata uang lelucon. Koin digital itu pun menjadi mata uang yang nyata. 

"Joke currency become the real currency," ujar dia.

Meski begitu, Musk menyampaikan pesan khusus kepada para warganet terkait investasi cryptocurrency. Meski beberapa kali menunjukkan dukungannya terhadap aset mata uang digital yang prospektif tersebut.

Ia mengingatkan bahwa investasi harus dilakukan dengan sangat hati-hati. "Cryptocurrency memang menjanjikan, tapi mohon investasi dengan hati-hati!" cuit Musk lewat akun Twitter @elonmusk, Jumat (7/5/2021).

Dia juga mengunggah sebuah video pendek yang dirilis oleh akun Youtube TMZ. Di video berdurasi 2 menit itu, terdapat wawancara pendek Elon Musk ketika dikerubungi banyak penggemar yang hendak meminta tanda tangan sebelum memasuki mobil sedan hitamnya.

Saat itu ia menanggapi serangkaian pertanyaan mulai dari investasi di uang kripto hingga prospek harga Dogecoin yang belakangan melejit. "Pertama-tama, menurut saya, orang jangan menginvestasikan seluruh tabungannya dalama bentuk cryptocurency. Itu tidak bijaksana," kata Musk.

Dia mengatakan jika orang hanya ingin berspekulasi dan bersenang-senang, ada peluang besar bahwa kripto bisa menjadi mata uang di masa depan. "Tapi tetap, kripto harus dianggap sebagai spekulasi di titik ini," kata dia. Musk pun meminta agar orang tak terlalu jauh dengan spekulasi kripto tersebut.

(Reporter : Aprianto Cahyo Nugroho, Yuliana Hema, Muhammad Khadafi & Tempo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.