Hyundai MobED, Platform Mobilitas Serbaguna Berteknologi Robotik

Hyundai Motor mengungkapkan Mobile Eccentric Droid (MobED), platform mobilitas kecil serbaguna dan perintis menggunakan teknologi robotika mutakhir.

Fatkhul Maskur

16 Des 2021 - 08.27
A-
A+
Hyundai MobED, Platform Mobilitas Serbaguna Berteknologi Robotik

Berkat kemampuan manuvernya yang luar biasa, platform ini juga dapat digunakan untuk robot servis yang dapat beroperasi baik di dalam maupun di luar ruangan. - Foto Hyundai

Bisnis, JAKARTA - Hyundai Motor mengungkapkan Mobile Eccentric Droid (MobED), platform mobilitas kecil serbaguna dan perintis menggunakan teknologi robotika mutakhir.

MobED memiliki pengaturan desain inovatif. Bodinya yang datar dan persegi panjang dapat dikendarai dengan empat roda besar, dengan suspensi independen yang memungkinkan postur tubuh yang optimal dan pergerakan yang stabil bahkan di jalan yang menanjak dan tidak rata. 

Suspensi ini memungkinkan platform untuk bergerak di lingkungan perkotaan yang kompleks, dan secara bebas menyesuaikan jarak sumbu roda dan sudut kemudi.

“Kami telah mengembangkan platform MobED untuk mengatasi keterbatasan pemandu dalam ruangan dan robot layanan yang ada sambil memaksimalkan kegunaannya di kota-kota dengan secara dramatis meningkatkan mobilitas platform secara keseluruhan,” kata Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai, Kamis (16/12/2021). 

Hyundai juga melihat ke depan tentang bagaimana calon pengguna MobED akan memperluas kebutuhan dan penggunaan jenis teknologi ini.

Dengan dilengkapi dengan teknologi inovatif termasuk penggerak canggih Eccentric Wheel dan sistem kemudi, pengereman, dan kontrol ketinggian berteknologi tinggi, MobED menyesuaikan dan mewujudkan postur optimal di berbagai permukaan jalan dan lingkungan.

Tiga motor yang dipasang di setiap roda memberikan tenaga dan kemudi yang presisi ke roda sambil juga mengontrol postur tubuh secara keseluruhan.

Pengaturan desain cerdas dari setiap roda yang menampilkan sistem kontrol daya dan kemudi individual memungkinkan rotasi di tempat dan gerakan ke segala arah, yang memungkinkan mobilitas yang sangat efektif bahkan dalam situasi sempit. 

Sistem kontrol postur berbasis mekanisme eksentrik juga menstabilkan sikap tubuh dengan menyesuaikan ketinggian setiap roda sesuai dengan lingkungan tanah. Ban pneumatik 12-inci MobED akan membantu menyerap gundukan dan getaran.

MobED berukuran panjang 67 cm, lebar 60 cm, tinggi 33 cm, dan berat 50 kg. Jarak sumbu rodanya diperluas hingga 65 cm untuk stabilitas optimal dalam berkendara kecepatan tinggi dan kemudian turun hingga 45 cm untuk manuver kecepatan rendah di lingkungan yang lebih kompleks. 

Kecepatan maksimumnya adalah 30 km/jam, memungkinkan untuk berkendara selama sekitar empat jam dengan sekali pengisian daya dengan kapasitas baterai 2 kWh.

Dirancang untuk keserbagunaan dan modularitas penuh, MobED dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, tergantung pada perangkat yang dipasang. Grup mengharapkan penyesuaian roda platform, ukuran bodi ringkas, dan tingkat getaran rendah untuk menjadikannya solusi teknologi bagi pengiriman, pemandu, dan peralatan pembuatan film. 

Berkat kemampuan manuvernya yang luar biasa, platform ini juga dapat digunakan untuk robot servis yang dapat beroperasi baik di dalam maupun di luar ruangan.

MobED dapat digunakan sebagai perangkat mobilitas untuk orang tua atau orang cacat ketika platform cukup ditingkatkan untuk dipasang oleh orang. Ini juga dapat digunakan sebagai kereta dorong atau kendaraan santai.

Hyundai Motor Group akan hadir di CES 2022, 5-8 Januari. Pada acara tersebut, Hyundai Motor akan mempresentasikan visi masa depannya dengan robotika. MobED juga akan dipajang di stan Hyundai Motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.