Free

Kota Batu Banjir Bandang, Korban Jiwa Sudah Mencapai 6 Orang

Kota Batu terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang.

Aprianus Doni Tolok

5 Nov 2021 - 13.57
A-
A+
Kota Batu Banjir Bandang, Korban Jiwa Sudah Mencapai 6 Orang

Tim SAR gabungan bersama relawan dan warga membersihkan endapan lumpur akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Kota Batu hingga hari kedua pencarian korban banjir bandang, tim SAR berhasil menemukan enam jenazah korban dan tiga korban masih dalam proses pencarian. /Antara-Zabur Karuru

Bisnis, JAKARTA - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan banjir bandang di  Kota Batu, Jatim, telah menyebabkan 6 orang meninggal dunia.

Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, PMI, Basarnas, TNI, Polri dan lintas instansi terus melakukan upaya pencarian dan pertolongan korban banjir bandang di Kota Batu.

Mengutip Wikipedia, Kota Batu terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang.

Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat.

Kota Batu  berada di ketinggian 700-2.000 meter dan ketinggian rata-rata yaitu 871 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 11-19 derajat Celsius. Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, 

Catatan jumlah korban meninggal akibat banjir bandang di Kota Batu sebanyak enam orang didasarkan pada laporan Jumat (5/11/2021) siang. BNPB menyebutkan pada pukul 11.00 WIB, satu orang warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Jumlah korban meninggal dunia sementara menjadi enam orang,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi.

Foto udara Tim SAR gabungan bersama relawan dan warga membersihkan endapan lumpur saat pencarian korban akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021)./Antara-Zabur Karuru

Keenam korban meninggal dunia tersebut adalah Wiji warga Desa Bulukerto, Sarip warga Desa Bulukerto, Adi Wibowo warga Desa Bulukerto, Wakri warga Desa Tawangargo, Mahendra Feri warga Dusun Gintung dan Alverta Shenazia Arvisa Vindra warga Dusun Gintung.

Tim gabungan berhasil menyelamatkan enam orang warga yang sempat dinyatakan hilang. Hingga saat ini ada tiga warga lainnya yang dilaporkan hilang dan masih dalam proses pencarian.

Sebagai langkah percepatan penanganan banjir bandang Kota Batu, tim gabungan terus berupaya melakukan pencarian dan pertolongan kepada korban. Mereka menyusuri anak sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas.

Sementara itu, tim yang lainnya juga fokus dalam pembersihan material lumpur dan puing yang hanyut terbawa aliran banijr bandang dari wilayah hulu di lereng Gunung Arjuno.

Banjir Bandang Didahului Hujan Deras

Banjir bandang dilaporkan terjadi di Desa Sumber Brantas, dan Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Kamis (4/11/2021) akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada sore hari.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jatim, seperti dikutip Antara, air yang membawa material lumpur, beserta kayu berdiameter besar menutup akses jalan di desa tersebut.

"Terjadi bencana banjir di Desa Sumber Brantas RT2/2. informasi selanjutnya akan kami sampaikan setelah mendapatkan laporan dari tim di lapangan," demikian kutipan dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kota Batu, Kamis.

Tim SAR menggunakan anjing pelacak untuk mencari korban di antara reruntuhan rumah dan endapan lumpur akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021)./Antara-Zabur Karuru.

BPBD Kota Batu menerjunkan tim ke lokasi terdampak bencana banjir untuk melakukan upaya mitigasi dan memberikan pertolongan kepada warga Kota Batu.

Berdasarkan laporan yang diterima Antara, Kamis, sejumlah warga desa terdampak juga berupaya menyingkirkan material kayu yang terseret banjir di depan permukiman dan di jalan-jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.