Obat Khusus Covid-19 Masuk Tahap Uji Klinis di Jepang

Jika obat itu dikonsumsi pada tahap awal infeksi, dapat menghentikan virus dari berkembang biak dan mencegah munculnya gejala yang parah.

Rustam Agus
27 Jul 2021 - 14.39
A-
A+
Obat Khusus Covid-19 Masuk Tahap Uji Klinis di Jepang

Bisnis, JAKARTA – Kabar baik datang dari Jepang. Kali ini bukan soal raihan medali olimpiade tetapi menyangkut upaya melawan wabah pandemi  covid-19.

Kabarnya , obat yang diklaim mampu mencegah gejala parah pada pasien Covid-19 kini sudah masuk tahap uji klinis di Jepang. 

Perusahaan farmasi Jepang Shionogi menyatakan tengah menyiapkan tahap pertama uji klinis obat Covid-19.

Mengutip perusahaan penyiaran Jepang Nippon Hoso Kyokai (NHK) pada Selasa (27/7/2021), Shionogi mengatakan jika obat itu dikonsumsi pada tahap awal infeksi, dapat menghentikan virus dari berkembang biak dan mencegah munculnya gejala yang parah.

Perusahaan itu menyebutkan para pasien akan mengonsumsi obat antiviral secara oral.

Uji klinis itu akan dimulai pada Kamis (29/07/2021) terhadap 75 orang pria berusia 20 hingga 55 tahun dengan tujuan memastikan keamanan obat tersebut terhadap orang dewasa sehat.

Seperti diketahui, saat ini obat-obatan yang digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 adalah obat-obatan yang selama ini untuk penyakit lainnya.

Sebagai contoh adalah obat untuk radang sendi atau arthritis baricitinib. 

Di Jepang, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 adalah remdesivir dari Gilead Sciences, deksametason, dan baricitinib dari Eli Lilly. (Rezha Hadyan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.