Penanganan Covid di Inggris, Kegagalan & Kesuksesan Campur Aduk

Laporan kelompok lintas partai di parlemen Inggris mengungkapkan kegagalan dan kesuksesan dalam penanganan Covid-19. Kegagalan terutama terjadi pada masa awal pandemi, sedangkan kesuksesan termasuk dalam vaksinasi.

M. Syahran W. Lubis

12 Okt 2021 - 12.09
A-
A+
Penanganan Covid di Inggris, Kegagalan & Kesuksesan Campur Aduk

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson./Antara

Bisnis, JAKARTA – Ketidakmampuan Inggris berbuat lebih banyak untuk menghentikan penyebaran Covid-19 pada awal pandemi adalah salah satu kegagalan kesehatan masyarakat terburuk yang pernah ada, satu laporan oleh anggota parlemen mengatakan.

Pendekatan pemerintah, yang didukung oleh para ilmuwannya, adalah untuk mencoba mengelola situasi dan pada dasarnya mencapai kekebalan kelompok dengan infeksi, kata laporan tersebut seperti ditulis BBC.

Ini menyebabkan penundaan dalam memperkenalkan penguncian pertama, yang menelan korban jiwa.

Tetapi laporan oleh kelompok lintas partai mengatakan ada keberhasilan juga, khususnya program vaksinasi.

Ini menggambarkan seluruh pendekatan—dari penelitian dan pengembangan hingga peluncuran suntikan—sebagai "salah satu inisiatif paling efektif dalam sejarah Inggris"'

Temuan ini diperinci dalam laporan yang telah lama ditunggu-tunggu dari Komite Kesehatan dan Perawatan Sosial dan Komite Sains dan Teknologi, yang berisi anggota parlemen dari semua pihak.

Dalam 150 halaman, komite mencakup berbagai keberhasilan dan kegagalan selama pandemi, yang merenggut lebih dari 150.000 nyawa hingga saat ini dan digambarkan oleh anggota parlemen sebagai "tantangan masa damai terbesar" selama 1 abad.

Anggota parlemen Tory Jeremy Hunt dan Greg Clark, yang memimpin komite, mengatakan sifat pandemi membuat "mustahil untuk memperbaiki semuanya".

"Inggris telah menggabungkan beberapa pencapaian besar dengan beberapa kesalahan besar. Sangat penting untuk belajar dari keduanya," tambah mereka dalam sebuah pernyataan yang menyertai laporan tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan kesalahan akan dipelajari, itulah sebabnya akan ada penyelidikan publik penuh tahun depan.

Dia menambahkan: "Kami tidak pernah menghindar dari mengambil tindakan cepat dan tegas untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi NHS [National Health Service], termasuk memperkenalkan pembatasan dan penguncian.

Sekretaris kesehatan bayangan Partai Buruh, Jonathan Ashworth, mengatakan temuan itu "membahayakan" dan menunjukkan "kesalahan monumental" apa yang telah dibuat.

Kelompok yang mewakili keluarga yang kehilangan orang yang dicintai selama pandemi, Keluarga Berduka untuk Keadilan Covid-19, mengkritik komite karena tidak berbicara dengan kerabat orang yang meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.