Tubuh Kekurangan Mineral, Jangan Pandang Remeh Gejala Berikut

Kalsium, zat besi, kalium, seng dan mangan adalah beberapa mineral yang diperlukan tubuh. Kekurangan mineral tersebut dapat menyebabkan beberapa gejala umum yang dirasakan tubuh.

Mia Chitra Dinisari

31 Okt 2021 - 14.32
A-
A+
Tubuh Kekurangan Mineral, Jangan Pandang Remeh Gejala Berikut

Kembung/Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Tubuh bergantung pada banyak jenis mineral yang memainkan peran tertentu.  Kekurangan mineral dapat membuat seseorang mengalami ketidaknyamanan bahkan mungkin merasa sulit untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Kalsium, zat besi, kalium, seng dan mangan adalah beberapa mineral yang diperlukan tubuh.

Kekurangan mineral tersebut dapat menyebabkan beberapa gejala umum yang dirasakan tubuh Anda. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Times of India, dikutip Minggu (31/10/2021). 

1. Kelelahan dan kelemahan ekstrem

Setiap jenis kekurangan mineral pasti akan membuat Anda merasa lelah, lemah, dan sangat lesu. Kekurangan zat besi atau magnesium dalam tubuh bisa membuat Anda sangat lelah dan mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari.

Zat besi memegang peran kunci untuk banyak fungsi tubuh. Selain digunakan untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, zat besi membantu memproduksi mioglobin, protein yang menyediakan oksigen ke otot.

Kadar zat besi yang rendah menyebabkan kadar hemoglobin rendah. Itu berarti lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan otot Anda, sehingga keduanya akan kehilangan energi.

2. Kram otot dan nyeri sendi

Kalsium memainkan peran penting dalam menjaga agar tulang dan gigi Anda sehat dan kuat. Selain itu, kalsium membantu mengelola pembuluh darah, saraf, hormon, dan lainnya. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kelemahan otot, kram dan nyeri sendi.

Jika tidak diobati, hal itu juga dapat menyebabkan penurunan kepadatan mineral tulang yang disebut osteopenia, yang bisa menjadi kronis. Detak jantung juga bisa menjadi tidak teratur.

Mineral seperti magnesium, zat besi dan kalsium menjaga banyak fungsi tubuh. Kekurangan salah satu mineral ini dapat memicu detak jantung yang tidak normal.

Saat tubuh mengalami kekurangan zat besi dan kadar hemoglobin rendah, jantung harus bekerja ekstra keras memompa oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau menyebabkan peningkatan detak jantung.

Demikian pula, kekurangan magnesium dapat menyebabkan aritmia jantung, atau detak jantung tidak teratur. Sementara itu, detak jantung yang meningkat atau tidak normal dapat menjadi gejala dari banyak kondisi lain. Langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

3. Mati rasa dan kesemutan

Sensasi mati rasa dan kesemutan di tubuh dapat mengindikasikan kekurangan mineral. Menurut National Institutes of Health (NIH), kesemutan bisa menjadi tanda kemungkinan kekurangan magnesium. Selain itu, kekurangan kalsium dalam tubuh bisa menyebabkan efek mati rasa dan kesemutan pada jari.

4. Kembung, mual, kehilangan nafsu makan, dan muntah 

Kekurangan mineral juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kembung dan sakit perut, kekurangan seng dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah.

Jumlah mineral yang rendah dalam tubuh dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit menular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.