World Tourism Day 2022, UNWTO Pilih Indonesia Sebagai Tuan Rumah

UNWTO memilih Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan World Tourism Day 2022. Hal itu diputuskan dalam Sidang Majelis Umum ke-24 The World Tourism Organ​ization (UNWTO) yang dilaksanakan pada 30 November hingga 3 Desember 2021 di Madrid, Spanyol.

Saeno

4 Des 2021 - 09.07
A-
A+
World Tourism Day 2022, UNWTO Pilih Indonesia Sebagai Tuan Rumah

Suasana Sidang Majelis Umum UNWTO, organisasi PBB untuk pariwisata menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah world tourism day 2022, yang akan berlangsung di Bali./kemlu.go.id.jpg

Bisnis, MADRID - Organisasi Pariwisata Duni atau UNWTO memilih Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan World Tourism Day 2022. Acara yang akan berlangsung  dengan tema “Rethinking Tourism" itu ditetapkan akan berlangsung di Bali.

Hal itu diputuskan dalam Sidang Majelis Umum ke-24 The World Tourism Organ​ization (UNWTO) yang dilaksanakan pada 30 November hingga 3 Desember 2021 di Madrid, Spanyol.

Adapun, peringatan Hari Pariwisata Sedunia tersebut akan dilaksanakan oleh Indonesia pada 27 September 2022.

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) adalah badan PBB yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan, dan dapat diakses secara universal. 

Sidang UNWTO juga menetapkan Desa Nglanggeran, Yogyakarta, sebagai salah satu penerima penghargaan Best Tourism Villages. Penghargaan itu diberikan UNWTO kepada Desa Nglanggeran dan 43 desa lainnya dari 32 negara.

Desa Nglanggeran diberikan pengakuan atas sumber daya alam dan budayanya serta tindakan dan komitmen inovatif dan transformatif terhadap pengembangan pariwisata yang sejalan dengan SDGs.

Kementerian Luar Negeri menyebutkan bahwa Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk pemajuan agenda-agenda global pariwisata, utamanya pemulihan pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga memberikan perhatian terhadap dampak pandemi bagi pekerja pariwisata, utamanya perempuan. Dalam hal ini, Indonesia telah merancang berbagai program untuk mendukung pekerja perempuan di masa pandemi.

Sidang Majelis Umum UNWTO merupakan pertemuan dua tahunan negara-negara anggota UNWTO untuk membahas kebijakan pariwisata dunia. Pada Sidang Majelis Umum UNWTO, negara-negara sepakat bahwa pariwisata merupakan pilar pembangunan yang menyerap banyak lapangan pekerjaan, inklusif dan berkelanjutan. Untuk itu, ketersediaan vaksin harus terus didorong guna percepatan pemulihan pariwisata dunia pasca pandemi Covid.

UNWTO adalah badan PBB yang memiliki kewenangan dalam mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan universally accessible. Saat ini UNWTO memiliki 160 negara anggota, 6 associate members, 504 affiliate members dan 2 observers (Tahta Suci Vatikan dan Palestina).

Indonesia telah menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975. Penetapan Bali sebagai tuan rumah Hari Pariwisata Dunia 2022 menambah kepercayaan kepada Indonesia yang kini memegang presidensi G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.