Daftar Peraih Anugerah Bisnis Indonesia Logistics Awards

Ajang perdana ini bertajuk Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022. Sejak pendaftaran dibuka pada 18 September dan resmi ditutup pada 1 Oktober 2022, lebih dari 100 perusahaan logistik dan rantai pasokan antusias berpartisipasi mengikuti penilaian dewan juri.

Jaffry Prabu Prakoso

8 Nov 2022 - 18.04
A-
A+
Daftar Peraih Anugerah  Bisnis Indonesia Logistics Awards

Jajaran Komisaris beserta Direksi Bisnis Indonesia dan Juri berfoto dengan para penerima penghargaan Bisnis Indonesia Logistics Award 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis Indonesia Group menyelenggarakan acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022, sebagai apresiasi kepada insan logistik terbaik yang telah menunjukkan konsistensi kinerja mereka dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

JAKARTA – Bisnis Indonesia Group, penerbit harian ekonomi terbesar di Indonesia, memelopori acara penganugerahan berskala nasional kepada para industriawan logistik dan rantai pasokan 2022 yang dinilai telah berhasil dalam memajukan dunia logistik di Tanah Air. 


Ajang perdana ini bertajuk Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022. Sejak pendaftaran dibuka pada 18 September dan resmi ditutup pada 1 Oktober 2022, lebih dari 100 perusahaan logistik dan rantai pasokan antusias berpartisipasi mengikuti penilaian dewan juri. 


Adapun komposisi dewan juri terdiri atas Maria Y. Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Setijadi (Ketua Umum Supply Chain Indonesia/SCI) dan Prof. Togar M. Simatupang (Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan Pakar Manajemen Rantai Pasok & Sistem Inovasi). 



Presiden Direktur Bisnis Indonesia Group Lulu Terianto (dari kanan), Komisaris Budiarsa Sastrawinata, Wakil Presiden Komisaris Soebronto Laras, Komisaris Dorothea Samola, dan Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto menghadiri acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P


Para ternominasi (nominee) memperebutkan 10 kategori penghargaan reguler, yaitu Third Party Logistics (3PL) of The Year, CEO of The Year, Courier of The Year, Government of The Year, IT Support of The Year, Port Operator of The Year, Sea Freight Forwarder of The Year, Supply Chain Innovator of The Year, Trucking Company of The Year, dan Warehouse Provider of The Year. Selain itu, BILA 2022 juga memberikan Special Awards untuk sejumlah kategori. (Nama-nama para pemenang terlampir).


Setijadi menerangkan bahwa para nominee Regular Award BILA 2022 dikelompokkan menjadi tiga fungsi industri, yaitu fungsi penyedia jasa logistik, operator infrastruktur logistik, dan institusi pendukung logistik & rantai pasokan. 


Baca juga: Menhub Paparkan Tantangan Logistik di Tengah Ancaman Resesi


“Adapun aspek penilaian melingkupi cakupan jenis layanan, cakupan wilayah layanan, inovasi pelayanan, health & safety, kepedulian terhadap lingkungan, dan aspek lainnya,” terangnya, dalam keterangan resmi, Selasa (8/11/2022).


Para juri BILA 2022 memandang bahwa keberhasilan para pemangku kepentingan di industri logistik tercermin dari kinerja perusahaan yang selama masa pandemi Covid-19 mampu berkelit dari berbagai tekanan melalui sejumlah strategi dan inovasi sehingga terbukti mampu menghasilkan pertumbuhan positif. 


Selain itu, sejumlah perusahaan penyedia logistik, operator infrastruktur logistik, dan institusi pendukung kinerja logistik terlihat saling berlomba melakukan berbagai riset dan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir. Beberapa perangkat teknologi yang dimanfaatkan antara lain berbasis big data analyticsartificial intelligence, internet of things, blockchain, cloud logistics, serta robotics & automation


Baca juga: Optimisme INSA pada Ancama Resesi, Pelayaran Minim Dampak


Adapun parameter lain yang tak kalah penting adalah dari aspek kemampuan perusahaan mengelola komunikasi secara presisi guna meyakinkan para pemangku kepentingan ketika masa-masa kritis dan ketidakpastian ekonomi pada 2020–2022. Peran mereka sebagai mediator tersebut terbukti membuahkan loyalitas konsumen tetap terjaga dengan baik. 


Selain Regular Awards yang menjadi domain para juri, Dewan Redaksi Bisnis Indonesia Group juga memberikan penghargaan Special Awards. Penghargaan khusus ini diberikan kepada sejumlah perusahaan logistik dan institusi pemerintah daerah terpilih yang dipandang memiliki program terobosan dalam memajukan, mengembangkan, serta memberdayakan sektor logistik dan rantai pasokan hingga memiliki keunggulan komparatif. 


Sebelum acara puncak penganugerahan, BILA 2022 didahului oleh seminar logistik nasional yang dibuka oleh pembicara kunci (keynote speech) Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. 



Presiden Direktur Bisnis Indonesia Group Lulu Terianto (kanan) berbincang dengan Direktur Pemberitaan & Produksi Bisnis Indonesia Group sekaligus Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin di sela-sela acara Bisnis Indonesia Logistics Awards 2022 dan Forum Logistik 2022 di Jakarta, Selasa (8/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P


Sementara itu, acara seminar terbagi dalam dua sesi. Sesi I bertajuk Menjawab Tantangan Industri Logistik dan Rantai Pasokan 2023 demi Mewujudkan Kemandirian dan Daya Saing Kelas Dunia. Pembicara dalam sesi ini terdiri atas Carmelita Hartoto, Ketua Umum INSA (Indonesian National Shipowners’ Association), Muhamad Akbar (CEO Krakatau International Port), dan Direktur Kargo Transportasi dan Tol Laut PT Pelni (Persero) Yossianis Marciano. 


Adapun diskusi pada Sesi 2 bertajuk Setahun Merger BUMN Pelabuhan, Indonesia Dapat Apa? Sesi ini akan diisi spotlight oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Agus Suhartono. Sementara itu, pembicara pada sesi diskusi terdiri atas Yukki Nugrahawan Hanafi, Ketua Umum Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI), dan Riza Noer Arfani, Ekonom Universitas Gadjah Mada.


NAMA NAMA KATEGORI DAN PENERIMA REGULER AWARD

  • THIRD PARTY LOGISTICS (3PL) OF THE YEAR : PT KAMADJAJA LOGISTICS

  • CEO OF THE YEAR : MOHAMAD FERIADI SOEPRAPTO (PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR) (JNE)

  • COURIER OF THE YEAR : JNE EXPRESS

  • GOVERNMENT OF THE YEAR : LEMBAGA NATIONAL SINGLE WINDOW, KEMENTERIAN KEUANGAN

  • IT SUPPORT OF THE YEAR : PT MITRA SEMERU INDONESIA – POWER COMMERCE ASIA

  • PORT OPERATOR OF THE YEAR : PT IPC TERMINAL PETIKEMAS

  • SEA FREIGHT FORWARDER OF THE YEAR : PT KAMADJAJA LOGISTICS

  • SUPPLY CHAIN INNOVATOR OF THE YEAR : PT MITRA SEMERU INDONESIA – POWER COMMERCE ASIA

  • TRUCKING COMPANY OF THE YEAR : PT LOOKMAN DJAJA LOGISTICS

  • WAREHOUSE PROVIDER OF THE YEAR : PT CIPTA KRIDA BAHARI (CKB GROUP)

NAMA NAMA KATEGORI DAN PENERIMA SPECIAL AWARD PILIHAN DEWAN REDAKSI

  •  THE MOST TRUSTED ENERGY AND COMMODITIES NATIONAL SHIPPING COMPANY IN INTERNATIONAL SHIPPING ROUTES : PT PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING

  • EXCELLENT INTEGRATED COMMUNICATION CAMPAIGN IN MARINE LOGISTICS SECTOR : PT PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING

  • THE FAST-EMERGING INTEGRATED LOGISTICS SERVICE COMPANY OF THE YEAR : PT KRAKATAU JASA LOGISTIK

  • THE MOST INNOVATIVE CEO IN CREATING AN INTERNATIONAL INDUSTRIAL NON-CONTAINER HUB PORT IN INDONESIA : M. AKBAR DJOHAN (KRAKATAU INTERNATIONAL PORT)

  • THE MOST OVERCOMING SHIPPING COMPANY IN HANDLING INDONESIA’S MARITIME HIGHWAY NETWORK : PT PELNI (PERSERO)

  • THE MOST INTEGRATED GREEN FISHERY VILLAGE ECOSYSTEM DEVELOPMENT IN REGENCY : PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.