Kemacetan Pelabuhan AS Tak Kunjung Terurai

Penurunan antrean berasal dari sistem antrean baru sehingga kapal menjauh dari pantai dan memperlambat perjalanan melintasi Samudra Pasifik. Namun, upaya ini dinilai hanya memindahkan lahan parkir.

Nindya Aldila

2 Des 2021 - 16.39
A-
A+
Kemacetan Pelabuhan AS Tak Kunjung Terurai

Port of Long Beach, California, Amerika Serikat/www.polb.com

Bisnis, JAKARTA – Berbagai upaya yang dikerahkan operator pelabuhan maupun pelayaran belum mampu mengurai kemacetan di pelabuhan Amerika Serikat kendati jumlah antrean menurun.

Sebanyak 49 kapal kontainer berlabuh di lepas pantai California selatan, tak jauh dari Pelabuhan Long Beach, Selasa (30/11/2021), lebih sedikit dari antrean pada pekan lalu yang mencapai 80 kapal.

Anggota Marine Exchange of Southern California, sebuah organisasi nirlaba pengawas lalu lintas maritim, James Kipling Louttit mengatakan penurunan berasal dari sistem antrean baru sehingga kapal menjauh dari pantai dan memperlambat perjalanan melintasi Samudra Pasifik.

"Yang dilakukan hanya memindahkan lahan parkir," katanya, dikutip Bisnis.com dari Bloomberg, Kamis (2/12/2021).

Pelayaran juga memberi insentif untuk mempercepat pemindahan kontainer. CMA CGM Group, pelayaran kontainer terbesar asal Prancis, menghapus biaya pengiriman pada malam hari dan akhir pekan. Insentif itu sebesar US$200 per kontainer untuk membantu ‘membersihkan’ kemacetan di pelabuhan.

Kemacetan bongkar muat di pelabuhan AS dikhawatirkan memburuk menjelang musim liburan yang biasanya dibarengi dengan permintaan barang yang makin tinggi.

Direktur Eksekutif Pelabuhan Long Beach Mario Cordero mengatakan volume kargo di pelabuhan tersibuk di AS, Long Beach, terus tereskalasi.

"Ini akan menjadi new normal dari segi jumlah kontainer yang akan Anda lihat di komplek ini. Sebanyak 20 juta [kontainer] tidak akan berkurang bahkan setelah krisis," ujar Cordero.

Saat ini Pelabuhan Long Beach dan Pelabuhan Los Angeles telah menangani lebih dari sepertiga kontainer masuk, menjadi dua gerbang terbesar bagi perdagangan di atas perairan Negeri Paman Sam.   

Kemacetan di pelabuhan pantai barat Amerika (West Coast) akan memperketat kapasitas kapal kontainer dan membengkakkan tarif angkutan laut transpasifik yang sudah melonjak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.