Free

Pertamina New & Renewable Energy Dekati China Bangun Pabrik Solar Panel

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) tengah melakukan pendekatan dengan China untuk mendirikan pabrik solar panel di Indonesia

Media Digital

2 Mei 2024 - 10.15
A-
A+
Pertamina New & Renewable Energy Dekati China Bangun Pabrik Solar Panel

Bisnis, Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) tengah melakukan pendekatan dengan China untuk mendirikan pabrik solar panel di Indonesia.


Direktur Utama Pertamina NRE John Anis mengatakan bahwa pihaknya masih dalam tahap pendekatan untuk membangun pabrik tersebut.


“Salah satunya kita menjajaki, tetapi belum jalan untuk mendirikan pabrik solar panel dengan China. Sedang kami jajaki semoga bisa,” kata John Anis dalam Bisnis Indonesia BUMN Forum di Raffles Hotel, Selasa (30/4/2024).


John Anis menjelaskan bahwa rencana ini sama seperti apa yang sudah mereka lalukan dengan Mind ID dan PLN ketika melalukan hilirisasi pada baterai.


Pembangunan pabrik Solar EV ini, tambah John Anis, merupakan komitmen dari Pertamina NRE untuk membuat ekosistem yang kompetitif.


“Dengan membuat pabrik di sini, itu bagian komitmen dari kita membangun industri yang cukup kompetitif di Indonesia,” ujarnya.


Dalam catatan Bisnis, PT Pertamina (Persero) melalui dua subholding-nya, yakni Pertamina NRE dan Pertamina Patra Niaga meneken nota kesepahaman dengan Grab Indonesia untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik. 


Penandatanganan itu dilakukan oleh CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan Director of Business Jabodetabek Grab Indonesia Iki Sari Dewi. 


Dannif menjelaskan, proyek bersama tersebut direncanakan dimulai di Bali tahun ini. Posisi Bali yang akan menjadi tuan rumah perhelatan G20 menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam transisi energi, serta mencapai target net zero emission pada 2060.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Media Digital

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.